Kpop

YG Entertainment Ditegur Tenaga Medis Gegara Jennie BLACKPINK Terlalu Seksi

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 06 Oktober 2020
YG Entertainment Ditegur Tenaga Medis Gegara Jennie BLACKPINK Terlalu Seksi
Jennie BLACKPINK (Foto: kpopmap.com)

JENNIE BLACKPINK tampil begitu seksi di video klip terbarunya bertajuk Lovesick Girls. Semua penggemar begitu semangat begitu lagu tersebut dirilis. Kata kunci "BLACKPINK" dan "Lovesick Girls" pun langsung merajai linimasa.

Tak hanya menyukai konsep dan musik terbaru mereka saja, penggemar pun suka dengan kostum yang dikenakan oleh para member BLACKPINK. Salah satu kostum yang mencuri perhatian orang-orang adalah Jennie.

Baca juga:

Berbalut seragam perawat, banyak penggemar yang gemas dengan penampilan seksi dan cute Jennie. Dirinya pun menuai banyak pujian karena penampilannya.

Namun, nampaknya tidak semua jatuh cinta dengan gaya Jennie di lagu Lovesick Girls. Sebagian orang merasa jengah dengan gayanya yang dinilai terlalu seksi dan tidak mencerminkan perawat yang sesungguhnya.

Tenaga medis di Korea nilai kostum perawat yang dipakai Jennie tak sesuai kenyataan (Sumber: YG Entertainment

Salah satu pihak yang menyampaikan rasa keberatannya adalah Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea. Para tenaga medis di Korea Selatan mengkritik YG Entertainment atas seragam perawat yang dikenakan Jennie.

Serikat pekerja menyatakan bahwa visual yang ditampilkan tidak sesuai kenyataan. Topi, celana ketat, rok pendek, dan sepatu hak tinggi yang dikenakan oleh Jennie jauh dari seragam perawat yang sebenarnya. Mereka mengatakan kostum itu hanya penggambaran khas digunakan untuk daya tarik seksual.

Baca juga:

Serikat pekerja melanjutkan perawat adalah pekerja perawatan kesehatan dan profesional medis. Namun, fakta bahwa ada lebih banyak perempuan daripada pria dalam profesi ini membuat mereka terpapar pada objektifikasi seksual. Hal ini memaksa mereka untuk menghadapi penggambaran yang meremehkan, melecehkan, bahkan mempertanyakan keahlian mereka.

Dengan apa yang dilakukan pada konsep musik video terbaru BLACKPINK, para tenaga medis di negeri ginseng merasa YG Entertainment semakin melegitimasi objektifikasi terhadap perawat. Mereka pun mengekspresikan kekecewaannya pada YG Entertainment.

Pengaruh BLACKPINK sangat kuat di Korea Selatan (Foto: Soompi)

"Untuk mereformasi masalah ini, kami melakukan banyak upaya, tetapi YG Entertainment mengobjekkan perawat dalam MV baru BLACKPINK. Perawat masih mengalami perlakuan tidak adil dan penyerangan seksual. Semakin sering citra perawat ini diulang, semakin buruk situasinya," demikian tutur perwakilan Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea.

Dengan kuatnya pengaruh BLACKPINK di Korea Selatan bahkan dunia, para tenaga medis khawatir bahwa meremehkan profesi dan pelecehan seksual pada perawat akan semakin meluas. Serikat pekerja menekankan pentingnya menggunakan pengaruh Blackpink secara bertanggung jawab.

"Karena lagu baru BLACKPINK menduduki puncak tangga lagu di seluruh dunia, kami meminta YG Entertainment mengambil tindakan yang sesuai dengan popularitas dan pengaruh BLACKPINK," demikian pinta mereka. (avia)

Baca juga:

#BLACKPINK #Jennie BLACKPINK #KPop
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan