Teknologi Baru Elon Musk, Dengarkan Musik Langsung dari Otak Elon Musk merupakan CEO dan founder Tesla. (foto moneycontrol.com)

MUSIK merupakan karya seni yang sangat berpengaruh bagi kehidupan manusia. Selain mampu menjadi sarana pengekspresian diri, Music Notes mengatakan bermain musik mampu mengurangi stres, kecemasan, dan meningkatkan kualitas mendengar manusia.

Format musik juga terus berubah dari waktu ke waktu mulai dari vinyl, kaset, CD, MiniDisc, MP3, DVD, sampai Blu-ray Disc. Bahkan, saat ini kecanggihan teknologi memungkinkanmu mendengar musik hanya dengan bermodalkan headphone, ponsel, serta layanan streaming online seperti Spotify, Joox, dan Apple Music.

Baca juga:

Elon Musk Klaim Cip Neuralink Dapat Sembuhkan Penyakit Mental

Meski begitu, Elon Musk merasa mendengarkan lagu via streaming masih kurang praktis. Dilansir dari Hypebeast, kini Elon Musk dan perusahaan startup-nya yaitu Neuralink sedang mengembangkan teknologi untuk mengalirkan musik langsung ke pikiran seseorang tanpa harus menggunakan perantara seperti headphone.

Musk berencana menggunakan kabel lebih tipis daripada rambut manusia untuk diimplan ke dalam otak manusia. Kemudian, kabel tersebut akan dihubungkan ke komputer eksternal.

Elon Musk dan Grimes. (Foto Wired)
Elon Musk dan Grimes. (Foto Wired)

Pada Juli 2019, CEO Tesla itu mengatakan inovasi ini telah sukses diuji pada tikus dan kera. Tahun ini, Elon Musk berencana untuk menguji teknologi ini terhadap manusia. Laman Complex menuliskan Musk menjanjikan akan membagikan update dari perkembangan teknologinya pada 28 Agustus 2020.

Tidak hanya untuk mendengarkan musik, Elon Musk berharap teknologi chip otak ini bisa digunakan untuk menangani gangguan mental seperti depresi, adiksi, obsessive compulsive disorder (OCD), dan kecemasan. Tujuan utama dari teknologi implan chip otak ini adalah untuk mengobati cedera otak dan trauma.

Baca juga:

Dengar Nih, CEO Tesla Elon Musk Ngerap di Lagu Terbarunya

Elon berharap chip otak ini bisa diuji ke manusia tahun ini.  (foto businessinsider)
Elon berharap chip otak ini bisa diuji ke manusia tahun ini. (foto businessinsider)

Di sisi lain, teknologi ini kabarnya mampu mengembalikan kesehatan penglihatan, pendengaran, dan pergerakan anggota tubuh. Musk sendiri pertama kali mendirikan Neuralink pada 2016 sebagai perusahaan teknologi syaraf. "(Chip ini) mampu, pada prinsipnya, untuk memperbaiki segala sesuatu yang salah dengan otak," ungkap Musk. (shn)

Baca juga:

AGI, Teknologi Elon Musk yang Ingin Saingi Kemampuan Otak Manusia

Kredit : shenna

Tags Artikel Ini

shenna

LAINNYA DARI MERAH PUTIH