Perangkat Teknologi Sinar UV Diuji untuk Tangani Virus di Pesawat Merupakan mesin disinfektan robotik. (Foto: Unsplash/Ramon Kagie)

MASKAPAI Amerika Serikat, JetBlue, telah mulai memanfaatkan mesin disinfektan robotik baru yang mampu membersihkan seluruh bagian kabin dalam waktu kurang dari 10 menit dengan bantuan sinar UV.

Sistem Kabin UV Honeywell bekerja menyusuri lorong dan menyinari sinar UV dari langit-langit ke lantai. Layaknya nampan dorong, seorang karyawan maskapai mendorong mesin ke bagian lorong kabin.

Baca juga:

Kursi Pesawat Bertingkat untuk New Normal Penerbangan

Lengannya direntangkan di atas kursi dengan memproyeksikan sinar UV yang mampu membasmi kuman pada area sentuhan tinggi di kabin, termasuk kamar mandi.

1
Membersihkan area sentuhan tinggi menggunakan sinar UV. (Foto: metroairportnews)

Melansir laman T+L, JetBlue sedang menguji delapan perangkat di Bandara JFK New York dan Bandara Internasional Fort Lauderdale-Hollywood. Kedua lokasi ini memulai program percontohan 90 hari JetBlue akan mengevaluasi teknologi Honeywell.

"Sistem Kabin UV Honeywell sebagai pengubah permainan yang potensial membantu secara efisien upaya kami untuk membersihkan permukaan di dalam pesawat," tutur presiden dan COB JetBlue, Joanna Geraghty dalam siaran pers.

Mesin Honeywell sangat mampu mengurangi waktu henti pesawat di antara penerbangan. Karena mampu dengan cepat didorong masuk dan keluar pesawat dan karena prosedur desinfektan kabin hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit.

Baca juga:

Desain Baru Kursi Pesawat untuk Jaga Jarak

2
Mampu menekan waktu henti pesawat. (Foto: bizjournals)

Menurut Honeywell, lampu UVC mampu mengurangi virus dan bakteri, termasuk SARS CoV dan MERS CoV. Belum ada pengujian yang telah diselesaikan tentang bagaimana lampu UVC memerangi COVID-19, namun beberapa penelitian medis sedang berlangsung.

Program respons keselamatan virus corona JetBlue disebut “Keselamatan Dari Bawah ke Atas”. Program ini mencakup kit desinfektan di dalam pesawat dan pembersihan yang lebih ketat menggunakan penyemprot elektrostatik.

Perusahaan sedang mencoba beberapa inovasi baru untuk memerangi COVID-19 di pesawat terbang. Salah satu produsen kedirgantaraan merancang tempat duduk dengan pembagi untuk membantu privasi dan menjaga jarak sosial saat terbang.

Perusahaan lain menata kabin pesawat dengan tempat duduk terbalik dan pembagi yang jelas untuk membantu mengurangi penyebaran virus. (lgi)

Baca juga:

Desain Terbaru Kursi Pesawat "Social Distancing", Normal Baru Usai Pandemi COVID-19

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard G.I

LAINNYA DARI MERAH PUTIH