Kolam Berbentuk Bintang Laut akan Hadir di Norwegia Ditargetkan rampung tahun 2023. (Foto: dezeen)

SETIAP aspek dari rencana taman baru untuk Bergen, Norwegia, dirancang dengan mempertimbangkan air. Mulai dari lahan basah yang kaya akan keanekaragaman hingga kolam berbentuk bintang laut, arsitek berfokus pada menggabungkan air, keberlanjutan, dan kehidupan kota ke dalam desain.

Dengan konsep True Blur, perusahaan arsitektur White Arkitekter akan mendesain taman sepanjang sekitar 1,5 km. Taman ini terletak di sepanjang pantai danau Store Lungegårdsvann di Bergen.

Baca juga:

Bioskop Film Terapung Jawaban Protokol Kesehatan

1

Terletak di sepanjang pantai danau Store Lungegårdsvann. (Foto: insider)

"Visinya adalah untuk menciptakan tempat pertemuan yang menarik dan inklusif untuk pergerakan, rekreasi, dan beragam acara sepanjang tahun," jelas Niels de Bruin, arsitek utama di White Arkitekter kepada Insider.

Taman ini kabarnya akan rampung pada tahun 2023. Taman baru akan mencakup banyak ruang pertemuan, pantai kota, lapangan olahraga, pusat acara, dan kolam terapung yang berbentuk seperti bintang laut.

Menurut Dezeen, kolam berbentuk bintang akan terdiri dari tiga kolam individual yang dikelilingi oleh tempat penampungan berbentuk segitiga. Seluruh struktur akan tercakup dalam air dan dihubungkan ke daratan oleh ponton.

Baca juga:

Taman Terapung, Konsep Ruang Hijau Tak Biasa di Denmark

2
Terdiri dari tiga kolam individual. (Foto: businessinsider)

"Menghubungkan bentuk segitiga bersama-sama juga membuat pola bintang laut. Siluet berbentuk segitiga dari pegunungan sekitarnya menjadi bagian dari lanskap tiga dimensi ini," papar Bruin.

Seawall juga akan dibangun di sekeliling taman untuk melindungi pengunjung dari iklim yang keras di pantai Norwegia. Di dalam perimeter, para tamu akan mengalami ketenangan dan kedamaian lahan basah dan padang rumput.

Panjang taman bekerja pada gradien alami ke perkotaan. Salah satu ujungnya akan terasa lebih urban. Namun, ketika pengunjung berjalan di seluruh taman, secara alami akan merasakan sensasi yang lebih terfokus di luar ruangan, seperti pulau yang rimbun, jembatan, dan dermaga mandi.

Taman ini menempatkan diri fokus pada keberlanjutan, karena desain yang sudah selesai akan mendiversifikasi ekosistem alami Bergen dan meningkatkan kualitas air kota.

Dalam mendesain taman, firma arsitektur bekerja dengan asosiasi seni lokal, sekolah menengah, Akuarium Bergen, dan organisasi lingkungan. (lgi)

Baca juga:

Sebuah Taman di Austria Dirancang untuk Social Distancing

Kredit : leonard

Tags Artikel Ini

Leonard

LAINNYA DARI MERAH PUTIH