Ternyata, Perkembangan Film Indonesia Sudah Ada Sejak 1990 Film-film Karya Anak Bangsa dari Tahun ke Tahun (Foto bookmyshow.com)

Kemuculan film di Indonesia sebenarnya sudah sejak tahun 1900 loh! Sekarang sudah banyak film Indonesia berkualitas bagus dan bahkan dikena di kancah internasional. Apakah Kalian tahu bagaimana sejarah dan perkembangan film di Indonesia? Yuk simak.

Tahun 1900 di Jakarta yang masih bernama Batavia, berdiri bioskop pertama dengan nama "Gambar Idoep" (gambar hidup) yang menayangkan berbagai film tanpa audio yang menyertainya. Kala itu, pemutaran film dianggap kurang sukses karena harga karcisnya dianggap terlalu mahal. Tak lama setelahnya, harga karcis dikurangi hingga 75% nya untuk meningkatkan minat menonton.

Bisa dilihat pula dari wikipedia.com, setelah penjajahan Belanda, pada masa penjajahan Jepang produksi film-film dijadikan sebagai alat propaganda politik Jepang.

Pada awal perkembangannya, film hadir dalam warna hitam putih, bisu (tanpa audio), dan sangat cepat. Semakin lama, berkembang menyesuaikan sistem pengelihatan mata kita, berwarna, dan menggunakan berbagai efek untuk membuatnya terlihat lebih nyata.

30 Maret 1950 merupakan pengambilan gambar pertama "Long March of Siliwangi" yang disutradarai oleh Usmar Ismail. Ini adalah film pertama yang diproduksi oleh orang Indonesia. Tanggal ini juga kemudian diperingati sebagai Hari Film Nasional, karena film tersebut dinilai sebagai film lokal pertama yang bercirikan Indonesia dan disutradarai oleh orang Indonesia asli.

Namun pada tahun 1926, juga sudah pernah ada pemutaran film di Indonesia. Namun meskipun film ini tentang cerita lokal yaitu "Loetoeng Kasaroeng", tapi film ini garap dan disutradarai oleh orang Belanda.

Sekitar tahun 1990-an perfilman Indonesia mengalami 'mati suri', terlebih karena munculnya teknologi VCD, LD, dan DVD.

Kemudian, tahun 1998 sampai sekarang dianggap sebagai kebangkitan perfilman nasional karena produktivitas dan kualitas dari berbagai genre-nya. Misalnya dari genre komedi, romantis, musikal, horor, drama hingga action, berbagai film sukses merambah pasar Hollywood dan menjadi deretan film-film penting dan berpengaruh dalam sejarah perfilman lokal di Indonesia.

Menuju Hari Film Nasional, yuk kita tonton dan apresiasi karya-karya anak bangsa!



Irene Gianov

LAINNYA DARI MERAH PUTIH