Yuk Nikmati Indahnya Kampung di Pinggir Kali Code

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 14 Januari 2017
 Yuk Nikmati Indahnya Kampung di Pinggir Kali Code
Pemandangan di pinggir Kali Code (MP/Fredy Wansyah

Hingar bingar politik Ibukota Jakarta tak melepaskan wacana keberadaan kampung di tepi sungai. Kampung di pinggir sungai selalu menjadi perdebatan khusus karena menuai pro dan kontra.

Bahkan, terbaru, dalam debat Pilkada DKI Jakarta di Hotel Bidakara, calon gubernur Anies Baswedan menyinggung keberadaan perkampungan Kali Code di Yogyakarta. Kampung di pinggiran kali ini diacu sebagai contoh peremajaan kawasan pinggir kali tanpa penggusuran.

Yap, memang Kampung di pinggir Kali Code kini telah berubah. Tidak lagi sekadar perkampungan kumuh. Bukan pula sekadar perkampungan padat di tengah perkotaan. Kampung ini telah berubah menjadi salah satu destinasi wisata Kota Yogyakarta yang mempesona.

Suasana di pinggir Kali Code
Suasana di pinggir Kali Code (MP/Fredy Wansyah)

Salah satu kawasan Kali Code yang layak dinikmati sebagai tempat wisata tersebut ialah Kampung Gemblakan Bawah, Suryatman, Danurejan, Kota Yogyakarta. Di lokasi ini pengunjung dapat bersantai di tepi kali seperti berada di tepi pantai. Suasana nyaman, bersih, dan asri menjadi daya pikat yang pasti didapatkan.

Apalagi kini sudah ada pedestriannya, lengkap dengan insfratruktur pengunjung atau wisatawan. Seperti kursi, taman, dan jalur lintas pejalan kaki yang nyaman. Pedestrian ini disebut Pedestrian Code Gumreget, dan baru saja diresmikan Plt Wali Kota Sulistyo akhir pekan kemarin.

Warga berjalan-jalan di pinggir Kali Code
Jalan-jalan seusai hujan di pinggir Kali Code (MP/Fredy Wansyah)

Di sekitar terdapat pedagang kecil. Pengunjunb dapat membeli makanan dan minuman sebagai penghangat waktu santai. Di akhir jalan-jalan di kampung ini, nikmati pula rapinya denah rumah warga dan tata kampung yang menawan.(Fre)

Soal Kali Code sebagai bagian dari destinasi wisata Yogyakarta, lengkapnya ada dalam ulasan artikel ini: Sambut Tahun Baru, Warga Gelar Festival Kampung Lampion Kali Code

#Kali Code #Yogyakarta #Wisata Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan