Yuk Mengenal Polri di Museum Polri @museumpolri

"Memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat" itulah salah satu tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Profesi yang sangat identik dengan seragam cokelat ini memang cukup populer bagi anak-anak. Bahkan polisi adalah salah satu profesi untuk menentukan cita-cita ketika sudah besar.

Nah, bagi yang ingin mengenal lebih dalam mengenai sejarah Polri, mungkin Anda bisa datang ke Museum Polri Jalan Trunojoyo Nomor 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tempat wisata edukasi ini mudah ditemukan karena berada satu gedung dengan Markas Besar Polri.

Motor Patroli Harley Davidson tahun 1943.
Motor Patroli Harley Davidson tahun 1943 (instagram @museumpolri)

Di museum ini Anda akan belajar sejarah panjang berdirinya Polri dengan membaca penjelasan detail yang terpampang di Museum Polri. Selain itu Anda bisa melihat seragam-seragam lain yang dimikili polisi. Terdapat pula atribut lengkap polisi dari masa ke masa.

Di lantai dasar, Anda dapat menemukan senjata yang dipakai polisi. Ada pula ruang Kids Corner yang diperuntukan untuk anak-anak. Dengan ruangan tersebut diharapkan bisa mengenalkan tugas dan fungsi Polri sejak dini dengan cara yang menyenangkan.

http://museumpolri.wixsite.com/
Salah satu ruangan di Museum Polri (museumpolri.wixsite.com)

Museum ini dibangun atas inisiatif dari mantan Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2009. Tujuannya membangun meseum ini adalah melestarikan nilai-nilai sejarah Polri untuk masyarakat.

Soal biaya, Anda tidak akan dipungut sepersenpun untuk masuk ke museum ini. Anda hanya perlu memberikan jaminan kartu pengenal dan mengisi biodata tamu.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Kampung Pelangi Semarang Sudah Diberitakan Delapan Media Asing



Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE