Yuk Kenali Dunia Puisi Indonesia dari Masa ke Masa WR-Rendra (ubeetwordpress)

Hari ini kita merayakan Hari Puisi Internasional loh! Sebenarnya, bagaimana sih perkembangan sastra di Indonesia dari masa ke masa? Bicara soal karya sastra, Indonesia sangat kaya dengan berbagai karya dari begitu banyak pujangga dan penyairnya. Berbagai tema karya pun bisa kita temukan di Indonesia, mulai dari kritik politik, sosial, sampai cinta dan humor 'nyeleneh'.

Secara garis besar, puisi di Indonesia berkembang mulai dari awal angkatan balai pustaka, era pujangga baru, kemudian masuk ke angkatan 45, yang salah satu 'pentolannya' adalah Chairil Anwar yang terkenal dengan karyanya berjudul 'Aku'.

Kemudian masuk ke era tahun 1950-1960-an, di mana penyair-penyair seperti W. S. Rendra, Nh. Dini, Mochtar Lubis dan lainnya 'eksis berlenggang' dengan karyanya. Lalu angkatan 66 yang merupakan masa penyair seperti Taufiq Ismail, Sapardi Djoko Damono, Sutardji Calzoum Bachri, Umar Kayam, dan lainnya.

Semakin modern, masuk ke tahun 1970 sampai sekarang, puisi kontemporer 'berjaya'. Dalam puisi kontemporer, ada berbagai perbedaan dengan masa-masa sebelumnya, misalnya saja sekarang ada pen-jungkirbalikkan kata-kata dan adanya istilah-istilah baru yang bahkan terdengar asing bagi masyarakat umum.

Dunia sastra termasuk puisi merupakan hal yang tidak akan habis dikulik, karena itu tetap lestarikan sastra dan puisi Indonesia yuk, Sahabat Merahputih!

Untuk mengikuti artikel terkait puisi, baca juga: Ini Dia 5 Penyair yang Karyanya 'Mengaduk' Hati



Irene Gianov

YOU MAY ALSO LIKE