Yuk Intip Tempat Wisata Murah di Yogyakarta

Fredy WansyahFredy Wansyah - Kamis, 01 Oktober 2015
Yuk Intip Tempat Wisata Murah di Yogyakarta
Tugu Yogyakarta (Foto: MerahPutih/Fredy)

MerahPutih Wisata - Berwisata ke luar daerah tak selalu mahal. Ibarat pepatah, selalu ada jalan menuju Roma. Begitu pula menghabiskan waktu akhir pekan dalam berwisata. Kota yang patut dinikmati dengan kocek minim ini ialah Yogyakarta.

Di Yogyakarta ada banyak pilihan tempat wisata. Di antaranya wisata pantai, seperti Pantai Parangtritis dan Pantai Gunung Kidul, Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Goa Pindul, Bukit Bintang, Wisata Keraton, hingga Jalan Malioboro. Beberapa di antara tempat tersebut bisa merogoh kocek dalam-dalam. Sebut saja Candi Borobudur yang memasang tarif untuk masuk tak lebih dari Rp30.000 per orang.

Untuk meminimalisasi biaya wisata, pilihlah tujuan wisata yang tak menyedot biaya besar. Berikut Merahputih.com ulas tempat-tempat murah untuk dijadikan wisata.

Malioboro

Yup, ikon Kota Gudeg ini tak seperti tempat wisata lainnya yang memasang tarif. Malioboro hanya sebatas nama jalan yang menjadi tempat berbelanja para turis, baik lokal maupun mancanegara. Jika ingin menikmati tempat bersantai asyik di Malioboro, maka pilihlah perempatan antara jalan Malioboro dan jalan menuju Keraton atau biasa dikenal Nol Kilometer.
Agar tak terjebak pemborosan, hindari belanja makan dan minuman di toko-toko sepanjang Jalan Malioboro. Pasalnya, lokasi belanja makanan di sini tak ramah bagi para backpacker.

Di sini adanya banyak atraksi seni. Biasanya mereka yang melakukan atraksi merupakan pengamen jalanan. Seperti pengamen di ruang publik di Eropa, para pengamen Malioboro terbilang ramah. Mereka tak jarang menyajikan seni yang atrakftif, seperti alunan angklung, lawakan, sulap, hingga tari-tarian.

Alun-Alun

Di Yogyakarta terdapat dua alun-alun, yakni Alun-Alun Utara dan Alun-Alun Selatan. Sama seperti Malioboro, di sini tak memasang tarif. Kedua alun-alun ini biasa digunakan turis untuk bersantai menikmati senja dan malam.

Menariknya, di Alun-Alun Selatan terdapat dua pohon beringin sejajar. Pohon ini kerap digunakan para turis untuk menguji keberuntungan. Menurut mitos, barang siapa mampu melewati dua pohon tersebut dengan mata tertutup, niat atau keinginan baiknya akan terkabul.

Pantai Parangtritis

Jarak Pantai Parangtritis dengan Kota Yogyakarta memang lumayan jauh. Sekira 25 kilometer. Meski begitu, dari kota menuju pantai lebih baik menggunakan angkutan umum. Bagi penumpang angkutan umum tidak dikenai biaya masuk kawasan pantai. Namun, bagi turis yang membawa kendaraan pribadi dikenai tarif Rp5.000 per orang. Meski biaya masuk tak seberapa, tentu hal ini menambah pengeluaran kocek, apalagi bila menyewa kendaraan pribadi. So, dengan angkutan umum, kocek yang dikeluarkan tak lebih dari Rp15.000 per orang.

Bagaimana? Tentu dengan ulasan singkat tempat wisata murah di Yogyakarta ini dapat memuluskan rencana berakhir pekan tanpa merogoh kocek dalam-dalam. Mari rencanakan akhir pekanmu dengan wisata murah. (fre)

Baca Juga:

  1. Air Terjun Sri Gethuk, Wisata Green Canyon di Yogyakarta
  2. Yuk, Berwisata ke Pantai Baron yang Memesona di Yogyakarta
  3. Kalibiru Yogyakarta: Pemandangan Indah di atas Awan
  4. 5 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Wajib Anda Kunjungi
  5. Eksotisnya Wisata Istana Air Taman Sari Yogyakarta

 

 

#Wisata Di Yogyakarta #Pantai Parangtritis #Yogyakarta #Wisata Murah Meriah
Bagikan
Ditulis Oleh

Fredy Wansyah

Bagikan