Yuk, Cicipi Lezatnya Kepala Ikan Kongkong

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 03 Maret 2017
 Yuk, Cicipi Lezatnya Kepala Ikan Kongkong
Menu ikan Kongkong Pemalang, Jawa Tengah (MP/Mauritz)

Berkunjung ke Pemalang, Jawa Tengah, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi masakan laut khas Pemalang. Salah satu masakan laut yang wajib dicicip adalah sayur kepala Ikan Kongkong.

Ikan Kongkong sendiri adalah jenis ikan laut yang memiliki bentuk mirip dengan Ikan Manyung, dan memiliki patil seperti Ikan Lele, yang membedakan keduanya adalah warna kehitaman dibagian kepala yang dimiliki oleh Ikan Kongkong.

Untuk memasak kepala ikan kongkong sangat mudah. Hanya membutuhkan waktu perebusan selama kurang lebih 30 menit. Untuk menghilangkan bau amis dan rasanya lebih nikmat, kepala ikan kongkong ini direbus bersama dengan jahe, bawang putih, dan jeruk nipis.

Setelah setengah matang kemudian kepala ikan kongkong dipisahkan dengan air rebusan, kemudian dimasak lagi menggunakan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Diantaranya bawang putih, kemiri, cabai, asam jawa, merica, jahe, lengkuas, kunyit.

Sebelumnya bumbu-bumbu tersebut ditumis, dan setelah berwarna agak kecoklatan, tambahkan air, aduk hingga rata, kemudian kepala ikan kongkong dimasukkan kedalam air rebusan. Tunggu hingga beberapa menit sambil diaduk aduk dan mendidih. Untuk penyajian akhir, tambahkan irisan daun bawang, tomat, dan kecap. Untuk pelengkap disertai juga sambel trasi dan lalapan.

Ikan Kongkong
Ikan Kongkong (Foto: malsingmaps.com)

Salah satu warung yang menyajikan menu khas Pemalang ini adalah warung ibu Sriyah, yang terletak di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami. Walaupun warungnya sederhana, namun tidak pernah sepi pembeli.

Harga sayur kepala ikan kongkong diwarung ibu Sriyah ini terbilang murah. Rp 40 ribu per porsi. Sayur kepala ikan kongkong ini sangat cocok sekali disantap dengan nasi putih hangat, sabal dan lalapan.

“Kalau hari-hari biasa habis sampai 20 kg/hari, tapi kalau pas ramai bisa sampai 40 kg/hari. Gak tentu juga sih, tergantung pasokan ikan dari nelayan. Kalau saat ini pasokannya langka” kata Sriyah, Kamis (2/3).

Salah satu penggemar sayur ikan kepala kongkong dari Pekalongan, Heru Prabowo mengatakan, jika sayur kepala kongkong termasuk kuliner yang susah didapat, lantaran tidak semua daerah ada. Namanya yang unik, yang membuat ia penasaran ingin mencicipi masakan khas Pemalang tersebut.

“Rasanya enak, seger, khas dan harganya terjangkau. Didaerah lain tidak ada masakan seperti ini, dari namanya saja sudah unik” ungkapnya.

Artikel ini ditulis berdasarkan laporan Mauritz, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Cirebon dan sekitarnya.

#Pemalang #Oleh-oleh Pemalang #Kuliner Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan