Yuk, Berwisata Religi ke Makam Raja-raja Mataram di Kotagede Yogyakarta Makam Raja Mataram di Kotagede, Yogyakarta. (MP/Fredy Wansyah)

Jika Anda ke Yogyakarta tidak menapaki wisata sejarah dan wisata heritage, bisa dibilang perjalanan Anda kurang lengkap. Karena, Yogyakarta memiliki banyak sekali destinasi wisata sejarah dan heritagenya. Dan, ini wajib menjadi destinasi perjalanan Anda untuk mengetahui tentang sejarah Islam di Jawa pada masa lampau.

Namun, bagaimana jika Anda menginginkan perjalanan wisata itu bisa menjangkau tiga aspek sekaligus, yakni wisata sejarah, heritage dan religi. Nah, salah satu alternatifnya adalah destinasi wisata religi ke Makam Raja-raja Mataram di Kotagede. Komplek pemakaman ini merupakan pemakaman panembahan senopati atau petinggi utama Kerajaan Mataram Islam.

Selain Panembahan Senopati, di Makam Raja-raja Mataram di Kodagede juga terdapat makam beberapa tokoh penting Kerajaan Mataram Islam. Di antaranya Sultan Hadiwijaya dan Ki Gede Pemanahan (Ki Ageng Pemanahan). Selain itu, juga para keluarga petinggi kerajaan Mataram Islam lainnya.

Gapura Paruraksa di Makam Raja Mataram di Kotagede, Yogyakarta. (MP/Fredy Wansyah)

Kompleks pemakaman ini dikelilingi tembok besar serta kokoh. Pintu gapura masuk kompleks makam ini masih tetap mempunyai ciri arsitektur budaya Hindu, bernama Gapura Paduraksa. Gapura ini terbuat dari kusen berukir. Letaknya di samping selatan Masjid Besar Mataram, atau arah menuju ke kompleks Makam Raja-Raja Mataram. Pada puncak gapura ini ada ukiran kepala bercuping ganda terbuat dari batu kapur, tetapi ekspresi raut muka saat ini tak demikian garang.

Untuk masuk ke makam, pengunjung harus menggunakan baju tradisi Jawa yang dapat disewa di lokasi. Pengunjung diizinkan untuk masuk ke makam pada Hari Minggu, Senin, Kamis serta Jumat, mulai dari pukul 08. 00 hingga 16. 00 WIB. Pengunjung tidak diizinkan untuk memotret serta mengenakan perhiasan emas saat berada di dalam bangunan makam.

Makam ini terdapat di Dusun Dondongan, Desa Jagalan Kotagede, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya hanya 100 meter dari Pasar Kotagede.

Artikel ini berdasarkan liputan Fredy Wansyah, kontributor atau reporter merahputih.com yang bertugas di wilayah DI Yogyakarta dan sekitarnya.



Widi Hatmoko

LAINNYA DARI MERAH PUTIH