Yogyakarta Ingin Kembangkan Geowisata

Luhung SaptoLuhung Sapto - Kamis, 12 Januari 2017
Yogyakarta Ingin Kembangkan Geowisata
Di Tebing Breksi kamu dapat melihat dengan jelas seni pahatan di alam bebas (Foto: Merahputih/Fredy Wansyah)

Dinas Pariwisata DI Yogyakarta menegaskan pentingnya pengembangan geowisata. Selain menikmati pemandangan, belajar dan memahami fenomena alam merupakan daya tarik tersendiri dalam geowisata.

Aria Nugrahadi, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, menyatakan bahwa geowisata dapat memperkaya geografi suatu tempat. Geowisata juga dapat memberi dampak bagi masyarakat.

"Mempunyai pengaruh penting dalam satu atau lebih aspek, seperti pertumbuhan ekonomi, sosial dan budaya, pemberdayaan sumber daya alam, daya dukung lingkungan hidup, serta pertahanan dan keamanan," katanya dalam Seminar Nasional Olimpiade Geografi Nasional 2017, di Auditorium Merapi Fakultas Geografi, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Rabu (11/1).

Untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta sendiri, ia menjelaskan, terdapat 5 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), yaitu KSPN Kota Yogyakarta, KSPN Merapi-Merbabu, KSPN Karst Gunungkidul, KSPN Pantai Selatan, serta KSPN Prambanan-Kalasan.

Salah satu destinasi geowisata yang sudah dikenal luas ialah Gunung Api Purba, Gunungkidul, DI Yogyakarta. Gunung yang menjadi bukti perubahan fenomena geologi jutaan tahun silam ini merupakan lokasi wisata yang menyajikan pemandangan indah dan unik.

Terbaru, Taman Tebing Breksi telah diresmikan sebagai objek wisata berbasis geologs di Yogyakarta. Lokasi wisata yang baru berjalan dua bulan ini merupakan fenomena bebatuan kars yang sungguh menakjubkan. (Fre)

#Wisata Yogyakarta #Wisata Alam #Yogyakarta
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan