Wiranto: Ada Kesamaan Antara Bom Kampung Melayu dengan Manchester

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Jumat, 26 Mei 2017
Wiranto: Ada Kesamaan Antara Bom Kampung Melayu dengan Manchester
Personel Kepolisian berjaga di lokasi ledakan yang diduga bom di Terminal Kampung Melayu, Jakarta Timur, Rabu (24/5) malam. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, ada beberapa kesamaan karakter terkait aksi terorisme Manchester dengan yang baru saja terjadi di Indonesia.

Menurutnya, bom bunuh diri yang terjadi di Terminal Kampung Melayu kemarin, dianggap memiliki kemiripan gaya teror yang terjadi di negara lain.

"Terorisme tidak mengenal batas negara, untuk melawannya pun harus dilakukan kerja sama antarnegara. Harus kerja sama sangat serius di antara semua negara karena semua negara akan terkena dampak aksi terorisme itu," kata Wiranto saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jumat (26/5).

Ia menjelaskan, kesamaan karakter yang dimaksud ialah bahwa aksi teror yang dilakukan terduga teroris untuk menonjolkan eksistensi.

Mantan Panglima ABRI itu mengatakan pelaku teror dalam aksinya selalu menyasar pada satu tujuan ingin membangun sebuah peradaban baru di atas negara bangsa.

"Tujuan mereka adalah menunjukkan eksistensi mereka pada dunia dan ingin menimbulkan kerusuhan yang sebesar-besarnya. Oleh karena itu, kesepakatan kita aksi terorisme harus diberantas sampai akarnya," ucap Wiranto.

Dengan demikian, pemerintah melalui aparat hukum akan mengejar para pelaku teror dan jaringan yang terlibat Bom Kampung Melayu.

"Aksi teror di Kampung Melayu merupakan jaringan yang teroganisir. Untuk itu perlu UU yang tegas dalam penanggulangan terorisme," tandasnya. (Fdi)

Baca berita terkait Bom Kampung Melayu lainnya di: Teror Terminal Kampung Melayu Berkarakter Serangan ISIS

#Terorisme #Teror Bom #Wiranto #Menko Polhukam
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan