Wingko Hayu, Oleh-oleh Jajanan Khas Bantul Wingko Hayu (MP/Fredy)

MerahPutih Kuliner Nusantara - Wingko, sering disebut wingko babat, merupakan jajanan tradisional khas Jawa. Bukan saja dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, jajanan ini juga banyak ditemui di Yogyakarta. Tentu, masing-masing daerah memiliki citarasa sendiri.

Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa muda, tepung beras ketan dan gula. Wingko biasanya berbentuk bundar biasa disajikan dalam keadaan hangat dan dipotong kecil-kecil.

Wingko dapat dijual dalam bentuk bundar yang besar atau juga berupa kue-kue kecil yang dibungkus kertas. Kombinasi gula dan kelapa menjadikan kue ini nikmat.

Jika berkunjung ke Bantul, wingko menjadi jajanan yang tepat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Salah satu wingko yang cukup terkenal di Bantul ialah Wingko Hayu. Wingko ini dapat ditemui di Karowelang, Caturharjo, Pandak, Bantul, DI Yogyakarta.

Wingko Hayu diracik dari bahan beras ketan, kelapa, dan gula jawa. Proses pembuatannya dilakukan dengan cara dipanggang.

Yang membuat unik dari wingko pada umumnya ialah komposisi bahannya. Antara beras kelapa dan gula jawanya diracik dengan komposisi yang tepat untuk mendapatkan citarasa yang gurih.

Namun, untuk tambahan rasa, dibubuhkan rasa dari buah-buahan. Ada beberapa macam rasa. Di antaranya rasa durian, rasa nangka, dan rasa pisang.

Wingko Hayu dijual per kota atau per paket yang dikemas di dalam tas khusus oleh-oleh. Setiap paketnya dibanderol Rp15.000. Namun, untuk porsi yang lebih dan spesial, tentu harga lebih dari Rp15.000.



Zahrina Idzni

YOU MAY ALSO LIKE