Willem-Alexander, Raja Belanda yang Diam-Diam Jadi Kopilot KLM Selama 21 Tahun Raja Belanda, Willem-Alexander, ternyata telah menjadi kopilot pesawat KLM selama 21 tahun. (Foto: Pixabay)

Raja Belanda, Willem-Alexander, ternyata telah menjadi kopilot pesawat KLM selama 21 tahun. Ia menjalankan tugas tersebut sebagai pekerjaan paruh waktu.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Willem-Alexander bersedia melakukan pekerjaan paruh waktu tersebut. Hobi adalah alasan utamanya. "Saat Anda mengendalikan pesawat, penumpang dan kru, Anda memiliki tanggung jawab," ujarnya sebagaimana dilansir koran Belanda, De Telegraaf.

Selama terbang, ia juga mengaku dapat mengusir semua problem karena konsentrasi tertuju pada pesawat. Willem-Alexander dinobatkan menjadi raja Belanda pada 2013. Selama menjadi raja, ia tetap menjalankan tugasnya sebagai kopilot.

Uniknya, tidak ada satu penumpang pun yang mengenalinya saat ia sedang menyambut penumpang masuk ke dalam pesawat.Mungkin, karena ia memakai nama samaran, para penumpang jadi tidak terpikir kalau kopilot yang menyambut mereka adalah raja Belanda.

Sejak pertama kali kerja paruh waktu di KLM, dia memegang Fokker 70 untuk jalur penerbangan Eropa. Dalam seminggu, ia terbang dua kali seminggu dan biasanya terbang bersama Kapten Pilot Maarten Putman. Pernah naik KLM dengan pilot Putman? Wah, jangan-jangan Anda sebenarnya pernah naik pesawat bersama raja Belanda yang kini berusia 50 tahun itu.



Rina Garmina

YOU MAY ALSO LIKE