Warga Keluhkan Kebun Raya Kuningan Tak Jelas Kapan Dibuka Lagi

Eddy FloEddy Flo - Jumat, 19 Agustus 2016
Warga Keluhkan Kebun Raya Kuningan Tak Jelas Kapan Dibuka Lagi
Sejak bulan November tahun lalu Kebun Raya Kuningan masih ditutup untuk warga (Foto: MP/Fredy Wansyah)

MerahPutih Wisata - Warga Kuningan, Jawa Barat, mengeluhkan jadwal dibukanya kembali Kebun Raya Kuningan. Pasalnya, sampai saat ini belum jelas kabar pembukaan kembali.

Sebelumnya, November 2015, Kebun Raya Kuningan telah dibuka untuk umum. Namun, pembukaan tak berlangsung lama. Pada 21 Desember 2015, Kebun Raya Kuningan kembali ditutup. Penutupan ini guna membangun berbagai fasilitas, seperti musola, toilet, kafe, ruang informasi, hingga akses jalan yang memadai.

"Masak bukanya cuma sebulan dua bulan waktu itu. Lebih baik gak usah dibuka kalau beres. Memang, waktu itu teman saya banyak yang bilang, belum layak jadi tempat wisata karena belum banyak fasilitasnya," kata Nana, warga Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat, saat berbincang dengan merahputih.com, Selasa (16/8).

Saat merahputih.com memantau lokasi, memang jalan menuju proyek wisata Pemerintah Kabupaten Kuningan itu belum memadai. Sekitar 5 kilometer jelang pintu gerbang masuk dari Kampung Pasawahan, jalanannya hanya dari tanah. Belum ada aspal maupun perbaikan jalan. Bahkan, di ujung jalannya diberi peringatan bahwa untuk sementara Kebun Raya Kuningan ditutup.

Meski ditutup, beberapa warga memaksakan diri menerobos spanduk peringatan. Mereka memaksa masuk ke jalanan yang masih berbahan tanah merah itu. "Penasaran!" sahut salah seorang pengendara sepeda motor yang menerbos masuk saat diberitahu kebun raya masih ditutup.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kuningan, Bunbun Budiyasa, menyatakan bahwa pembukaan kembali tergantung penyelesaian pembangunan Kebun Raya Kuningan. Dia memprediksi, pembukaan mungkin dapat dilakukan pada tahun depan, 2017.

Kebun Raya Kuningan terletak di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Kawasannya berada di kaki Gunung Ciremai, gunung tertinggi di Jawa Barat.

Dibangun di atas lahan seluas 154 hektare. Di dalamnya terdapat 23.000 jenis tanaman. Kebun raya ini melengkapi dua kebun raya di Jawa Barat, yakni Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas. Sementara untuk skala daerah di Indonesia, Kebun Raya Kuningan merupakan kebun raya ketiga setelah Kebun Raya di Sulawesi Selatan dan Kebun Raya di Balikpapan.(Fre)

BACA JUGA:

  1. Curug Sidomba, Air Terjun Bening dengan Ratusan Ikan Kancra Bodas
  2. Waduk Darma Wisata Pantainya Warga Kuningan
  3. Hucap, Tahu Kecap Enak Khas Kuningan
  4. Jadi Artis, Ega Kuningan Tetap Ramah dengan Teman Sekolah
  5. Telaga Remis Marak Pemalakan Calo Tiket
#Pesona Indonesia #Wisata Kuningan #Kebun Raya Kuningan
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan