Wakil Ketum MUI Sayangkan Hinaan SARA kepada Gubernur NTB Para pengurus pusat MUI (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) akhirnya angkat suara terkait hinaan bernada SARA kepada Gubenur NTB Zainul Majdi. Selain menyayangkan tindakan tersebut, MUI juga meminta agar persoalan itu tidak melebar kemana-mana.

Sebagaimana dilansir Antara Sabtu (15/4), Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Zainut Tauhid Saadi menyayangkan hinaan berbau SARA terhadap Gubernur NTB Zainul Majdi.

"Saya sangat menyesalkan kejadian yang menimpa Gubernur NTB Bapak Tengku Muhammad Zainul Majdi di Bandara Changi, Singapura," kata Zainut lewat keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Menurut dia, ucapan saudara SHS terhadap Gubernur NTB itu sangat keterlaluan dan berbau SARA sehingga dikhawatirkan dapat memicu ketersinggungan bukan hanya kepada Gubernur NTB tetapi juga kepada yang lain.

"Apa yang diucapkan saudara SHS itu dinilai sebagai bentuk ujaran kebencian, merendahkan harkat dan martabat kemanusiaan serta dapat melukai perasaan bangsa Indonesia khususnya warga pribumi," kata dia.

Sebagai bangsa Indonesia, kata dia, SHS tidak sepatutnya mengungkapkan kata-kata yang berkonotasi merendahkan jadi diri bangsa Indonesia, apalagi bernada rasisme yang mempertentangkan pribumi dan nonpribumi, seolah dia merasa bukan menjadi bagian dari bangsa ini.

"Hal itu juga menunjukkan betapa rendahnya nilai nasionalisme saudara SHS itu sendiri," kata dia.

Dia mengatakan situasi bangsa Indonesia sedang dalam keadaan yang sangat sensitif, penuh ketegangan, saling curiga antar kelompok dan komponen masyarakat akibat dari efek penyelenggaraan pemilukada di DKI putaran kedua.

Untuk hal tersebut, lanjut dia, seharusnya setiap pihak dapat menahan diri tidak memancing percikan atau gesekan yang dapat memicu kesalahpahaman.

"Dalam situasi dan kondisi seperti sekarang ini, semua pihak seharusnya membantu menciptakan suasana tenang, aman, damai dan kondusif. Bukan justru membuat kegaduhan yang dapat memicu konflik sosial," kata Zainut Tauhid.

Sumber: ANTARA



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH