Wah, Harga Cabai Rawit di Yogyakarta Rp100 Ribu per Kilogram Ilustrasi. (MP/Widi Hatmoko)

MerahPutih Indonesia - Harga cabai rawit di Yogyakarta mencapai Rp100 ribu per kilogram. Setelah beberapa hari sempat berada di kisaran Rp90.000-an, pekan ini harga mencapai angka Rp100 ribu.

Misna, salah seorang pedagang nasi di Pasar Beringharjo mengungkapkan, harga cabai terus meningkat sejak sebelum tahun baru. "Dari Rp70 ribuan, terus Rp80 ribuan, terus Rp90 ribuan, sampai sekarang Rp100 ribu," katanya saat berbincang dengan merahputih.com, Jumat (6/1) pagi, di Pasar Beringharjo, Kota Yogyakarta.

Di Pasar Beringharjo, para pedagang mengakui sulitnya stok cabai. Akibatnya, harga membengkak. "Katanya memang kondisi cuacanya. Kan masih banyak hujan, bikin banyak hama," kata Sutinah, salah seorang pedagang cabai di Pasar Beringharjo.

Sutinah mengatakan, tidak sedikit para pedagang cabai yang enggan membuat stok banyak. Pasalnya, harga dari para tengkulak dan bahkan para petani cabai sudah terbilang tinggi. Rata-rata harga cabai dari petani di atas Rp60 ribu per kilogram. Akibatnya, para pedagang pun harus menyediakan modal belanja banyak jika menyetok banyak barang dagangannya.

Melonjaknya harga cabai ini terjadi di berbagai pasar tradisional di Yogyakarta. Selain di Pasar Beringharjo, juga terjadi di Pasar Giwangan, Pasar Prawirotaman, dan Pasar Sentul. (Fre)

Berita terkait bisa dibaca juga di Cabai Paling Pedas Sejagat


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE