Wagub Paku Alam X Komentari Rencana Disneyland di Yogyakarta Yogyakarta (Instagram/bansmarwanto)

Wakil Gubernur DI Yogyakarta Paku Alam X mengomentari rencana pembangunan Disneyland di Yogyakarta. Menurutnya, pembangunan itu harus berbasis kebudayaan.

"Perlu menjadi catatan, Yogyakarta ini bukan kota wisata, tetapi kota budaya. Jika itu jadi dibangun, nantinya harus ada nilai budayanya," kata Paku Alam kepada wartawan di Kepatihan, Kota Yogyakarta, Rabu (11/1).

Paku Alam menjelaskan, pemerintah di provinsi ingin mewujudkan Yogyakarta sebagai kota budaya. Meskipun, lanjutnya, sesuai amanat Undang-Undang Keistimewaan (UUK) bahwa Yogyakarta sebagai kota budaya, wisata, dan pendidikan. "Sebagai kota budaya lebih tentrem," paparnya.

Seperti diketahui, dunia pariwisata Yogyakarta ramai membicarakan rencana adanya Disneyland di Yogyakarta. Hal ini diketahui dari paparan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DI Yogyakarta, Tavip Agus Rayanto, akhir pekan lalu, saat menjadi pembicara Seminar Nasional dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) di Hotel Eastparc Jogja.

Ia menyatakan, belum lama ini ada investor wahana hiburan disneyland yang mengunjungi Yogyakarta. Dikatakan, investor tersebut menyurvei lokasi si Sentolo, Kulonprogo. (Fre)



Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE