Volvo Buat Robot Pemungut Sampah

Fadhli Fadhli - Rabu, 23 September 2015
Volvo Buat Robot Pemungut Sampah
Ilustrasi robot pemungut sampah Volvo. (Foto: Volvo)

MerahPutih Teknologi - Pekerjaan sebagai pemungut sampah masih dinilai menjadi pekerjaan yang memalukan. Belum lagi masih banyak orang yang jijik melihat pekerja kebersihan itu. Mungkin hal ini lah yang menginspirasi Volvo membuat robot pemungut sampah.

Jika kita ingat ke belakang, konsep robot pemungut sampah pernah tertuang dalam film Disney, “Wall E” yang dirilis pada 2008 lalu. Keinginan Volvo untuk mengembangkan robot pemungut sampah ini dituangkan melalui situs resminya Rabu lalu (16/9).

Volvo berpikir bahwa memungut sampah adalah pekerjaan yang cocok untuk robot karena tidak punya rasa jijik. Untuk mengembangkan robot ini, Volvo bermitra dengan Chalmers University of Technology, Malardalen University di Swedia, Penn State University di Amerika Serikat, dan perusahaan pengolah limbah Renova.

Robot bernama ROAR (Robot-based Autonomous Refuse handling) itu selain berfungsi untuk memungut sampah manusia, juga akan menjaga kenyamanan dengan mengawasi lingkungan dari atas truk sampah.

Volvo masih mengerjakan tahap awal robot ini dan tes awal direncanakan pada Juni 2016, dengan kemungkinan akan lebih lama dari itu untuk dapat melihat robot ini berfungsi penuh.

 

Baca juga:

  1. Apple Pay Segera Tersedia di Tiongkok
  2. Mobil “Project Titan” Apple Alami Kendala Manufaktur
  3. Drone Ternyata juga Bisa Merakit Jembatan
  4. NASA Luncurkan Program Tur Pluto
  5. Microsoft Band 2 Hadirkan Desain dan Kemampuan Baru
#Robot #Volvo
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan