Usai Nobar, Para Politisi Wanita Ini Komentari Film Kartini

Film Kartini memang sebuah film yang sangat dinanti oleh para pencinta film Indonesia. Selain mengangkat perjuangan seorang Kartini dalam kesetaraan gender, film Kartini juga bisa menjadi pelajaran bagi kaum wanita di zaman sekarang.

Sabtu (8/4) merahputih.com mengadakan nonton bareng (nobar) bersama pemenang kuis dan Gita Gutawa. Selain itu merahputih.com juga mengundang beberapa wanita aktivis dan wanita pengusaha seperti Lathifa M. Anshori, Kanti W. Janis, Dina Rimandra Handayani, dan lainnya.

Usai pemutaran, mereka pun menyampaikan pendapatnya tentang isi dalam film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini. Seperti Kanti W. Janis seorang penulis buku yang juga menjadi Litbang PDIP yang mengatakan kalau film sarat akan ilmu.

Kanti W. Janis (MP / Dery Ridwasyah)

"Kartini bukan cuma dikenal karena surat-suratnya, tapi Kartini juga melakukan tindakan nyata. Dia turun ke lapangan. Kita jadi tahu kalau Jepara itu terkenal karena seni ukirnya," ucap Kanti kepada merahputih.com.

Anak dari Roy B.B. Janis, seorang politikus di era awal reformasi ini menjelaskan banyak hal yang bisa diambil pelajaran dari sosok Kartini seperti pantang menyerah, keinginan kuat untuk belajar dan peduli dengan nasib wanita yang ada di sekitarnya.

"Perempuan sekarang itu enggak ada halangan. Yang menghalangi adalah cara berpikir kereka sendiri. Kayak Kartini bilang di film kok sekarang perempuan berpikirnya cuma mau menikah," katanya.

Lathifa M. Anshori (MP / Dery Ridwasyah)

Hal yang sama juga diungkapkan Lathifa M. Anshori Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Jakarta Pusat Partai NasDem. Menurut Lathifa apa yang terjadi pada diri Kartini adalah kehendak Tuhan, hal tersebut bisa langsung dilihat diakhir film. Terdapat tulisan yang mengatakan Kartini menyerahkan beasiswa ke Belandanya kepada H. Agus Salim.

"Beasiswanya itu kan diserahkan kepada Haji Agus Salim. Jadi saya berpikir seandainya Kartini memutuskan untuk tidak mengabdi seperti kata ibunya, mungkin Haji Agus Salim tidak akan memberikan dampak yang besar seperti sekarang," katanya.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Nilai Kekeluargaan Dalam Film 'Kartini'


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

YOU MAY ALSO LIKE