Uniknya Klinik Kopi, Pengunjung  Dilayani Seperti  di Klinik Kesehatan Klinik Kopi (Foto: Fredy WP)

MerahPutih Kuliner - Anda yang baru mendengar nama Klinik Kopi mungkin memahami nama itu hanyalah sebatas plang untuk mempromosikan produk kopi. Namun, jika yang Anda pahami demikian, Anda salah besar. Di Klinik Kopi Anda menjadi pengunjung selayaknya pengunjung klinik kesehatan.

Di klinik kesehatan pengunjung disebut pasien. Demikian pula di sini, pengunjung disebut sebagai pasien. Di sini pengunjung akan dijelaskan apa kebutuhan kopinya berdasarkan pengalaman minum kopi sehari-hari.

Pengunjung diberi pertanyaan seputar konsumsi kopi yang disukai dan kopi yang sering diminum. Barulah pengunjung diberi saran kopi yang tepat untuk diminum.

Selanjutnya, pengunjung yang ingin masuk ruangan brewer (peracikan) juga tak sembarangan. Tak ubahnya klinik kesehatan, harus rela mengantre. Apalagi pada jam-jam padat pengunjung, antre jadi tradisi wajib.

Alat pengolahan kopi yang kerap dikunjungi pengunjung Klinik Kopi (Foto: Fredy WP)

Barulah, setelah di ruang brewer, pengunjung bisa melihat bagaimana peracikan dari biji kopi hingga kopi siap seduh. Sambil menunggu, pengunjung mendapat cerita tentang berbagai hal tentang kopi.

Umumnya, hal pertama yang diceritakan ialah tentang karakter kopi. "Minum kopi bukan cuma selera, tetapi ada kesesuaiannya. Orang cocoknya minum kopi apa. Di sini terbuka buat siapa saja, dari pemula sampai penikmat kopi," ujar Pepeng, pemilik Klinik Kopi, saat ditemui merahputih.com, Jalan Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta, Senin (2/5).

So, semua kopi yang disajikan seakan penuh pertimbangan. Tidak lebih dan tidak kurang. Minum kopi di Klinik Kopi seakan diupayakan harus sesuai dan tidak berlebihan bagi pengunjung. Begitulah Klinik Kopi, tak ubahnya klinik kesehatan. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Klinik Kopi, Berawal dari Travelling hingga Bikin Kedai Berjargon "Jangan ada gula di antara kita".
  2. Rasakan Manisnya Kopi tanpa Gula di Klinik Kopi
  3. Menu Andalan Kedai Kopi Ngopiyo! Pamulang
  4. Kedai Kopi Ngopiyo! di Tangerang Selatan
  5. Kedai Kopi Ngopiyo! Tempat Ngopi Favorit di Pamulang


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH