Unik, Pasar Mama-Mama Papua akan Jadi Destinasi Wisata Pasar Mama-Mama, Jayapura (Instagram/thisisindonesian)

Berdirinya Gedung Pasar Mama-Mama dengan desain arsitektur yang unik menjadi daya tarik tersendiri bagi warga Jayapura. Bangunan pasar yang dibangun Oktober 2016 silam itu selain menjadi pasar juga berpeluang jadi objek wisata.

Menurut laporan Dinas Kebudayaan dan Pariswisata Kota Jayapura, Pasar Mama-Mama sudah masuk dalam rute paket wisata Jayapura.

"Dengan nama Pasar Mama-Mama Papua saja sudah menjadi ciri khas karena wisatawan penasaran bentuknya seperti apa sehingga akan datang berkunjung. Dari namanya saja itu sudah menjadi salah satu destinasi wisata," ujar Kepala Disbudpar kota Jayapura Bernard Fingkreuw, di Jayapura, Sabtu (11/3).

Pasar Mama-Mama
Bangunan Pasar Mama-Mama (Instgram/thisisindonesian)

Keunikan bangunan membuat banyak penasaran dan ingin melihat dari dekat Pasar Mama-Mama. Disbudpar Jayapura yakin banyak wisatawan yang akan berkunjung ke pasar tersebut.

"Ini bisa menjadi ikon bagi Kota Jayapura sehingga bisa menarik wisatawan dan akan kita masukan dalam kalender 'city tour' turis mancanegara," terang Bernard.

Sebagai salah satu destinasi wisata, pihak Disbudpar telah menyediakan tempat khusus bagi para pengrajin kesenian asli Papua di Pasar Mama-Mama dan nantinya akan menambah nilai pasar tersebut.

Arsitektur Pasar Mama-Mama
Arsitektur unik Pasar Mama-Mama (Instagram/thisisindonesian)

"Rencananya akan ada tempat berdagang oleh-oleh khas Papua di Pasar Mama-Mama Papua itu sangat bagus karena selama ini memang kita belum punya fasilitas seperti itu," ujarnya lagi.

Selain lantai khusus untuk para pengrajin khas Papua, juga disediakan tempat berbelanja oleh-oleh khas Papua bagi para wisatawan.

"Selama ini tempat perbelanjaan oleh-oleh masih dikelola sendiri oleh masing-masing pedagang, sekarang ini baru Pasar Hamadi saja yang jadi salah satu tujuan wisata," pungkas Bernard kepada Antara.


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH