Ulil Abshar Abdalla: Pak Jokowi Sekarang Kena Getah Media Sosial Ulil Abshar Abdalla (Foto: Twitter @ulil)

Ulil Abshar Abdalla menyindir Presiden Joko Widodo terkait maraknya hoax di media sosial. Menurutnya, maraknya hoax yang menyerang pemerintahan Jokowi merupakan konsekuensi.

Pendiri Jaringan Islam Liberal (JIL) ini menjelaskan, Jokowi merupakan figur yang terlahir dari media sosial. Sebelum menjadi Gubernur DKI Jakarta, Jokowi sangat dekat dengan media sosial. "Sebenarnya dekat dengan media sosial, tapi Pak Jokowi kena getahnya media sosial. Ini konsekuensi, berlaku bagi siapa pun," kata anggota Partai Demokrat ini, dalam seminar nasional "Negara Beragama atau Agama Bernegara" di IAIN Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (18/2).

Ulil memaparkan, Presiden sebelum Jokowi juga mengalami hal yang sama. "Pak SBY juga kena. Cuma Mega yang tidak kena (serangan hoax). Karena dia (Megawati) memimpin sebelum era media sosial," katanya menjelaskan.

Dalam seminar yang diadakan mahasiswa IAIN tersebut, hadir pula Husein Muhammad dan Muhammad Al Fayyadl sebagai pembicara. Ketiganya membahas ihwal relasi negara dan agama di Indonesia dalam konteks kekinian.

Peserta seminar berasa dari mahasiswa IAIN Cirebon dan perwakilan berbagai mahasiswa di Jawa Barat. Selain itu, kalangan umum juga turut menjad peserta.

Berita ini ditulis berdasarkan liputan Fredy Wansyah, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.



Eddy Flo

YOU MAY ALSO LIKE