Ulang Tahun ke-496, Ribuan Warga Kabupaten Semarang Rayakan dengan Meriah Kesenian perkusi drumblek yang ikut disajikan dalam iring-iringan peringatan Hari Ulang Tahun ke-496 Kabupaten Semarang

Sebagai ucapan syukur Perayaan HUT Kabupaten Semarang ke-496 digelar Kirab Budaya diiringi dengan seni pertunjukkan tradisi daerah tersebut. Dalam kesempatan ini, dua buah gunungan hasil bumi Kabupaten Semarang dikirab, atau dibawa dalam iring-iringan. Prosesi kirab ini menempuh perjalanan sepanjang lebih dari 108 kilometer.

Sebanyak 72 kontingen yang terdiri dari ribuan orang turut peramaikan iring-iringan. Mereka menampilkan kesenian tradisional, kesenian kontemporer, hingga sejumlah potensi daerah setempat. Misalnya saja jathilan dan tarian kisah legenda Baruklinting yang ditampilkan di Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Gunungan berisi hasil bumi dalam Kirab Budaya dibawa oleh sejumlah warga yang berpakaian adat Jawa (Foto ANTARA/ Aditya Pradana Putra)

Pada perayaan ulang tahun ini, ada dua buah gunungan yang dikirab dengan tinggi 2 meter dan lingkar 1 meter, berisi buah, sayuran dan padi. Ketika diberangkatkan, hanya pucuk saja yang terisi sayuran dan buah-buahan, selebihnya hanya kerangka bambu kosong. Sepanjang jalan, warga mengisi secara sukarela bagian kosong tersebut, sehingga akhirnya gunungan tertutup semua oleh hasil bumi dari warga.

Di Rumah Dinas Bupati Semarang pada akhir perjalanan gunungan, isi kedua gunungan tersebut akan di-'grebeg', diperebutkan oleh warga sebagai penanda sukacita atas hasil bumi yang melimpah.



Irene Gianov

YOU MAY ALSO LIKE