Tujuh Sumur Purbakala di Kaliwadas Kurang Perhatian Pemerintah

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Senin, 30 Januari 2017
Tujuh Sumur Purbakala di Kaliwadas Kurang Perhatian Pemerintah
Situs Balong Tukmudal di Cirebon. (MP/Mauritz)

Tujuh sumur keramat di Situs Balong Tukmudal di Kelurahan Kaliwadas, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon yang ditemukan pada akhir November 2016 lalu belum mendapat perhatian serius dari pemerintah.

Penemuan tujuh sumur yang diperkirakan berusia ribuan tahun secara tidak sengaja oleh salah warga ini, sempat menggemparkan warga Kabupaten Cirebon dan disekitarnya.

Juru kunci Situs Balong Tukmudal Saprudin, tahun 2016 lalu, masyarakat di sekitar situs tersebut dihimbau oleh pihak keraton Kanoman untuk menggali situs tersebut. Dan, ternyata, setelah dilakukan pengggalian terdapat tujuh sumur lainnya yang sangat menaktubkan.

"Baru tahun lalu Keraton Kanoman meminta untuk menggali Situs Balong dan tidak disangka saat digali kita menemukan tujuh sumur lainnya," ujar Saprudin.

Saprudin juga menuturkan, wisatawan yang datang berkunjung ke Situs Balong Tukmudal ini tidak hanya berasal dari Cirebon, tapi dari beberapa daerah di sekitarnya, termasuk Indramayu. Pengunjung juga tidak dikenakan biaya. Namun dengan sukarela pengunjung memberikan sumbangan untuk keperluan situs.

"Banyak yang datang dari Indramayu, dan para pengunjung yang datang tidak dimintai uang masuk," katanya.

Hingga sekarang, kata Saprudin, pemerintah setempat belum memberikan perhatian terkait Situs Balong Tukmudal yang merupakan bagian dari sejarah Cirebon ini.

"Saat ini pihak masyarakat secara sukarela bergotong royong untuk menjaga dan membangun Situs Balong yang dibantu oleh pengunjung, yang dengan sukarela memberikan sumbangan," imbuhnya.

Ia berharap kepada pemerintah agar memperhatikan cagar budaya Situs Balong Tukmudal dilestarikan dan diperbaiki.

"Ingin diperbaiki, dibuat tembok untuk pembatas, ingin ada tajug atau mushola, ingin dibangun lagi petilasan dan di setiap sumur diberikan pendopo," tandasnya. (Mauritz)

#Kaliwadas Cirebon #Sumur Purbakala #Wisata Cirebon
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan