Berita Dunia

Tradisi Perayaan Natal di Berbagai Negara yang Perlu Kamu Ketahui

Tradisi Perayaan Natal di Berbagai Negara yang Perlu Kamu Ketahui

MerahPutih Dunia – Berbagai tradisi yang selalu dilakukan saat perayaan natal seperti menghias pohon Natal, menyembunyikan hadiah di kaus kaki, tukar menukar kado dan juga menceritakan kisah tentang Santa Clause kakek tua yang baik hati dan menjadi icon saat perayaan hari Natal tiba.

Di Indonesia sendiri, berbagai tradisi unik juga banyak dilakukan di setiap daerah saat Natal tiba, seperti di Bali yang merayakan Penjor, di Jakarta yang merayakan Rabo-Rabo dan di Yogyakarta yang merayakan Natal tetap dengan Budaya Indonesia yang membuat pertunjukan wayang kulit bertema Kelahiran Kristus.

Tapi tahukah Anda tidak hanya di Indonesia, di berbagai Negara lain juga terdapat tradisi Natal yang rutin dilakukan. Berikut ini 5 negara dengan tradisi unik yang biasa dilakukan pada setiap perayaan hari Natal tiba.

Australia

Bila di negara lain Natal berarti bermain salju, namun bagi anak-anak di Australia, Natal berarti bermain di bawah sinar matahari, surfing dan berbelanja.

Tentu saja, karena di Australia justru Natal datang saat musim panas tiba. Namun, hal tersebut tak lantas mematahkan semangat umat Nasrani di sana. Karena mereka juga tetap menghias rumah dengan pohon Natal dan hiasan lainnya yang turut menambah kebahagiaan perayaan Natal di tengah-tengah keluarga mereka.

Jepang

Di Jepang, tradisi tukar menukar kado memang sudah biasa dilakukan, sehingga pada momen ini hampir semua orang ikut serta dalam tukar menukar kado pada saat Natal. Hampir seperti di negara barat lainnya, di Jepang umat Nasrani akan menghias rumah dengan mistletoe dan pohon Natal.

Uniknya, pada malam tahun baru, seluruh anggota keluarga diwajibkan memakai pakaian terbaik mereka dan berdandan rapi. Kemudian mereka akan berbaris dipimpin oleh sang ayah mengelilingi rumah. Ritual ini dipercaya sebagai ritual untuk mengusir setan. Kemudian sang ayah akan melempar setiap sudut ruangan dengan kacang kering agar tidak ada roh jahat yang mau tinggal di dalam rumah mereka.

Betlehem

Di Betlehem, perayaan Natal dilakukan dengan sangat meriah. Hampir seluruh kota dihiasi dengan bendera dan dekorasi Natal. Pada malam Natal, para turis dan penduduk akan berkumpul memenuhi gereja dan menyaksikan prosesi tahunan, berupa opera dan arak-arakan yang sangat meriah.

Di setiap pintu rumah di Betlehem, setiap keluarga nasrani akan memberi tanda silang di setiap pintunya. Serta memasang sebuah bintang berukuran besar di alun-alun untuk memeriahkan perayaan hari Natal.

Italia

Berbeda dari perayaan pada umumnya di setiap Negara, di Italian justri tradisi menghias pohon Natal dari pohon cemara dan hiasan salju ternyata tidak umum mereka lakukan saat Natal tiba. Pohon Natal yang biasanya ada pada saat Natal di Italia justru berganti dengan sebuah piramid yang terbuat dari kayu dan dihias penuh dengan buah-buahan segar untuk merayakan Natal.

China

Di China, perayaan Natal dilakukan dengan menghias rumah menggunakan lentera dari kertas. Mereka juga akan menghias pohon Natal dengan rantai dari kertas, bunga dari kertas dan lentera kertas.

Puncak dari perayaan Natal dilakukan di tahun baru, di mana setiap anak-anak akan menerima hadiah baju baru, berbagai makanan mewah, mendapatkan mainan baru dan menikmati permainan kembang api. Selain itu, foto atau lukisan nenek moyang akan dipajang di ruang utama rumah mereka masing-masing di setiap keluarga.

Ingin tahu lebih banyak lagi tradisi apa aja jelang Natal di berbagai Negara:

  1. Uniknya Pohon Natal Terbuat dari Botol Air Mineral Bekas
  2. Wisatawan Diprediksi Macetkan Kota Yogyakarta pada Libur Natal-Tahun Baru 2017
  3. Natal dan Tahun Baru, CFD Solo Ditiadakan Dua Pekan
  4. Libur Natal-Tahun Baru, Penumpang Angkutan Umum ke Yogyakarta Naik 2%
  5. MMS Banten Bersiap Hadapi Arus 164 Ribu Kendaraan di Libur Natal dan Tahun Baru
Tags Artikel ini

Related artikel

Tranding Tags

Yuk ngobrol dengan kami