Tips Didik Anak ala Susan Bachtiar (MP/Rizki Fitrianto)

Di era sekarang, cara mendidik anak sangat berbeda dengan dulu. Kini, anak lebih kritis. Jika anak terlalu dikekang, anak akan berontak. Sebaliknya, jika anak terlalu diberikan keleluasaan, maka sang anak akan salah pergaulan dan dampaknya negatif.

Artis cantik Susan Bachtiar pun memberikan sedikit tips dan trik dalam mendidik anak di era teknologi yang semakin canggih ini. Apa saja itu? Berikut penjelasan wanita kelahiran Jakarta, 2 Mei 1973 tersebut saat diwawancarai merahputih.com di Museum Polri, Jakarta Selatan, Kamis (18/5).

Pinjamkan gawai sebagai reward

Berbeda dengan orang tua lainnya yang meminjamkan gadget (gawai) kepada anak agar tidak nakal dan rewel, Susan lebih memilih meminjamkan gawai sebagai reward saat anaknya melakukan hal baik. Dengan begitu, sang anak akan terpacu untuk selalu melakukan hal positif.

"Saya rasa balik lagi ke aturan keluarga masing-masing. Kalau di rumah saya, anak boleh menonton pada saat misalnya mendapat reward kalau mereka berperilaku baik," katanya.

Gawai hanya sebagai sarana pendidikan

Susan sangat paham betul akan dampak negatif yang muncul saat anak terlalu sering bermain game di gawai. Alhasil, ia pun lebih memilih mengajak anaknya bermain di luar rumah dibanding memberikan gawai kepada sang anak untuk bermain game.

"Saya enggak biasakan main game di gadget. Dia lebih ke mewarnai dan menulis kalau di gadget. Lebih untuk sarana pendidikan," ungkap Susan kepada merahputih.com.

Mengarahkan hobi

Kesenangan Tristan van Tongeren, putra cilik Susan, terhadap alat-alat transportasi membuat pembawa acara kuis Galileo ini mengajak sang anak ke Museum Transportasi. Dengan begitu, anaknya bisa mengenal secara langsung alat transportasi dari dulu hingga sekarang.

"Anak saya suka transportasi, saya ajak dia ke Museum Transportasi. Anak saya kurang fokus, saya ajarin futsal. Sekarang dia mulai bisa fokus," katanya.

Ajarkan kedisiplinan ke anak

Susan mengaku masih mengambil beberapa hal positif orang tua zaman dulu dalam mengajarkan anak, salah satunya disiplin. "Anak saya tahu kalau lima menit lagi selesai menonton, ya sudah selesai. Jadi selalu saya kontrol," ungkap Susan.

Sahabat MerahPutih, itulah beberapa tips dan trik yang diberikan Susan Bachtiar dalam mendidik anak. Semoga tips dan trik tersebut bisa bermanfaat.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Susan Bachtiar Perkenalkan Museum Sejak Dini ke Anaknya.


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH