Tips dan Trik Ala Doddy M Gurning Memotret Gerhana Matahari dengan Smartphone

Eddy FloEddy Flo - Selasa, 08 Maret 2016
Tips dan Trik Ala Doddy M Gurning Memotret Gerhana Matahari dengan Smartphone
Doddy M Gurning berikan tips dan trik memotret gerhana matahari dengan smartphone (Foto: Instagram @doddy_mgurning)

MerahPutih Berita Tekno - Jelang momen Gerhana Matahari yang jatuh pada tanggal 9 Maret 2016 nanti banyak masyarakat tidak ingin melewatkan peristiwa langka tersebut dengan berfoto. Nah, merahputih.com menyempatkan diri untuk bertemu dengan salah fotografer profesional Doddy M Gurning.

Pria yang kerap disapa dengan Doddy ini menjelaskan peralatan kamera harus disiapkan mulai dari tripod, lensa tele 300 mm, atau 70-200mm, dan konverter berukuran 1-2x untuk memperpanjang lensa menjadi 400 lensa agar lebih fokus.

"Selain itu, mengantisipasi radiasi matahari sebaiknya anda memakai kacamata hitam yang memiliki anti ultra violet agar mata anda tetap terjaga," kata Doddy saat ditemui merahputih.com di Cafe Antara, Selasa (8/3).

Salah satu foto lanskap hasil jepretan Doddy M Gurning (Foto: Instagram @doddy_mgurning)

Doddy menambahkan agar mendapat gambar yang bagus pada saat pengambilan gambar sebaiknya milih lokasi tinggi seperti di puncak gedung yang flat, jangan berbentuk genteng. Ia juga memberikan spot-spot yang bagus untuk mengambil gambar seperti di Batam, Ternate, dan sebagainya.

"Lokasi di beberapa daerah karena kondisi alamnya masih bagus. Kalau di Jakarta sendiri perhatikan kondisi cuaca kalau habis hujan langitnya bersih, tapi kalau nggak hujan polusi ini bisa mengakibatkan kabut bisa menutupi objek. Kebanyakan, pemburu foto gerhana memilih lokasi-lokasi unik seperti benteng-benteng, jembatan, situs megalitikum, gunung, atau dari ketinggian 35 ribu kaki," jelasnya.

Menurut Doddy M Gurning, selain menggunakan tripod dan lensa panjang atau tele perlu menggunakan kabel rilis atau memakai remote agar lebih praktis dan mudah digunakan. "Jadi tinggal mengarahkan kamera anda ke objek tinggak tekan tombol sembari menikmati pemandangan," terangnya.

Lanskap Danau Samosir hasil karya Doddy M Gurning (Foto: Instagram @doddy_mgurning)

Bila pakai handphone, lanjut Doddy, sebaik agar gambar lebih bagus gunakan setting handphone anda menu timelap, agar gambar yang dihasilkan jauh lebih bagus.

"Bila menggunakan handphone lebih baik menggunakan timelaps saja, karena smartphone sekarang sudah disediakan menu tersebut. Agar gambar tidak goyang sebaiknya handphone tersebut disanggah dengan menggunakan tripod gorila, dudukan buat handphone. Kemudian lindungi kaca film atau menggunakan filter lensa merek cokin produk Prancis agar tidak rusak terkena radiasi," terangnya.

Nah, bagaimana anda ingin mencoba untuk mempraktekkan tips Doddy M Gurning pada saat momen Gerhana Matahari besok nanti. Selamat mencoba.(abi)

BACA JUGA:

  1. Bahaya Lihat Gerhana Matahari Pakai Teropong Tanpa Filter
  2. Ini Risiko Melihat Gerhana Matahari Total Tanpa Filter
  3. Planetarium Bagikan Kacamata Khusus Gerhana Matahari
  4. Bertepatan dengan Gerhana Matahari Umat Hindu Tak Ada Ritual Khusus
  5. Kasubag Planetarium Jakarta Yakin Saat Gerhana Matahari Jakarta Cerah
#Smartphone #Gerhana Matahari Total #Gerhana Matahari #Foto Gerhana Matahari #Fotografer
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan