Tips Cerdas Belanja Online

Rina GarminaRina Garmina - Selasa, 02 Mei 2017
Tips Cerdas Belanja Online
Belanja online telah menjadi bagian dari gaya hidup. (Foto: pixabay.com)

Awal bulan, waktunya belanja bulanan nih. Daripada terjebak macet, lebih baik belanja online. Lagipula, toko-toko online yang ada sekarang menawarkan belanjaan yang lengkap. Mulai dari sabun mandi, sampo hingga aneka barang keperluan anak bisa Sahabat Merahputih beli di sana.

Saking lengkapnya barang yang ada di toko online seperti bukalapak.com, blibli.com dan tokopedia.com, Anda biasanya langsung 'kalap' ingin membeli semuanya. Hindari hal seperti itu, karena sebenarnya tidak semua barang yang dibeli Anda butuhkan. Daripada melakukan pemborosan, Anda lebih baik melakukan hal-hal ini sebelum belanja bulanan di toko online.

1. Buat daftar belanja

Ini penting. Bermodalkan daftar belanja, Anda tidak akan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Agar tidak ada yang terlewat, buat daftar berdasarkan kebutuhan penghuni rumah. Dimulai dari Anda, pasangan, anak, hingga asisten rumah tangga.

2. Cek ketersediaan barang di marketplace tujuan

Berbelanja di satu toko online lebih praktis ketimbang berbelanja di beberapa toko online. Agar tidak perlu mengubah daftar belanjaan, sebelum daftar dibuat, Anda sebaiknya mengecek terlebih dahulu ketersediaan barang di toko online yang dituju. Lalu, buat daftar berdasarkan ketersediaan barang yang ada di sana.

3. Beli barang yang terjamin kualitasnya

Tidak dapat ditampik, merek berbanding lurus dengan kualitas barang yang ditawarkan. Daripada barang yang dibeli cepat rusak, Anda mesti memilih barang dengan merek terpercaya dan ada jaminan garansinya. Sebagai informasi, barang elektronik biasanya disertai dengan garansi minimal 1 tahun.

4. Cari toko online yang pelayanan customer service-nya bagus

Tidak semua toko online memiliki pelayanan yang bagus. Maka, sebelum belanja di sebuah toko online, Anda harus survei mengenai kualitas pelayanan customer service toko tersebut dari Google atau teman yang sering berbelanja online. Setelah itu, jatuhkan pilihan pada toko online yang paling bagus kualitas pelayanannya. Ini akan membantu saat Sahabat Merahputih mengecek proses pengiriman barang ketika terjadi keterlambatan.

#Pelayanan Publik
Bagikan
Ditulis Oleh

Rina Garmina

Cooking Mama :)
Bagikan