Tips Berburu Seafood Murah di Pantai Depok Yogyakarta Panta Depok, Yogyakarta. (MP/Fredy Wansyah)

Jika Anda berkunjung ke kawasan pantai di Yogyakarta, biasanya akan kesulitan menemukan lapak makanan laut (seafood) yang segar. Karena umumnya pantai di Yogyakarta hanya menyuguhkan pemandangan dan eksotisme laut selatannya saja.

Kecuali untuk kawasan Pantai Depok, Kretek, Bantul. Di sini Anda dapat menemui kuliner seafood di setiap warung. Namun tempat-tempat kuliner di sini masih sangat sederhana, baik yang dikonsep seperti cafe, maupun yang dibuat seperti resto.

Begitu Anda sampai di lokasi Pantai Depok, biasanya Anda akan didatangi seorang pedagang, yang menawarkan kuliner seafood. Di bangunan warung sederhana yang rata-rata atapnya berbentuk limasan ini pengunjung bisa duduk secara lesehan menggunakan tikar, dan di depannya meja-meja kecil. Meski sederhana, warung makan di sepanjang pantai ini tampak bersih dan nyaman.

Beragam hidangan seafood bisa dicicipi di sini. Hidangan ikan yang paling populer dan murah ialah ikan cakalang. Jenis ikan lain yang bisa dinikmati ialah kakap putih dan kakap merah. Ikan bawal menjadi jenis ikan yang paling mahal di Pantai Depok. Selain ikan, ada juga kepiting, udang, cumi-cumi, dan pare.

Hidangan seafood biasanya dimasak dengan dibakar atau digoreng. Semua tergantung selera Anda. Asyiknya lagi, jika Anda datang bersama rombongan, di sini Anda bisa barbecue alias bakar sendiri ikannya di tepi pantai.

Pantai Depok. (MP/Fredy Wansyah)
Pantai Depok. (MP/Fredy Wansyah)

Namun jika Anda ingin menyantap seafood yang masih segar di kawasan ini, hendaknya datang pada pukul 10.00 hingga pukul 14.00 WIB. Karena pada waktu itulah biasanya para nelayan mendarat. Hasil tangkapan nelayan, yaitu ikan-ikan yang masih segar ini bisa Anda borong, dan bisa langsung dimasak sambil menikmati indahnya panorama Pantai Depok.

Berdasarkan kunjungan merahputih.com, Minggu (12/3), harga-harga kuliner seafood di sini sangat murah. Untuk udang goreng sepaket, misalnya, hanya dihargai Rp 10 ribu. Ikan pare basah alias mentah, sekilonya hanya Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu. Ikan cikalang hanya kisaran Rp 20 ribuan. Ikan bawal sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 60 ribu. Biasanya, selisih harga ikan yang sudah siap makan ialah Rp 10 ribu. Ikan bawal, misalnya, jadi Rp70 ribu per kilogram yang siap saji.

Berita ini merupakan laporan dari Fredy Wansyah, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga artikel seputar Yogyakarta di: Pasar Seni Gabusan, Kawasan Wisata Belanja Unik di Bantul



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH