Tips Ampuh Cegah Berat Badan Naik Saat Berpuasa

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Sabtu, 25 Juni 2016
Tips Ampuh Cegah Berat Badan Naik Saat Berpuasa
Ilustrasi Timbangan Berat Badan (Foto: Pinterest)

MerahPutih Kesehatan - Sebagian orang mungkin ada yang berpikir jika menjalani puasa selama sebulan penuh akan membuat berat badan Anda turun. Padahal yang terjadi kepada beberapa orang yang menjalani puasa justru bobot tubuhnya langsung naik drastis.

Hal itu disebabkan juga dari kurangnya perhatian Anda terhadap asupan makannan yang Anda konsumsi ketika berbuka puasa. Seringkali kebanyakan orang pasti berpikir saat tiba waktunya berbuka puasa mereka justru menjadikan waktu buka puasa sebagai ajang untuk balas dendam karena seharian menahan lapar dan haus.

Namun, Anda tak perlu khawatir berikut ini ada beberapa tips agar Anda terhindar dari meningkatnya berat badan saat menjalani puasa.

1. Mengkonsumsi Buah

mengkonsumsi buah-buahan segar tanpa tambahan gula bisa Anda lakukan ketika berbuka puasa. Dan sebaiknya Anda memilih buah-buahan yang manis, sehingga asupan gula dalam tubuh tetap terpenuhi dan Anda tidak mudah lemas.

2. Mengontrol Nafsu Makan

Hal yang paling sering membuat berat badan Anda meningkat dengan drastis ialah saat Anda sendiri tidak bisa mengontrol nasfu makan saat berbuka puasa. Selain tidak baik untuk pencernaan Anda jika mengkonsumsi terlalu banyak makanan, berat badan Anda juga pastinya akan cepat meningkat meskipun Anda tetap menjalani puasa.

3. Mengunyah makanan perlahan

Selain memperhatikan setiap asupan makanan yang dikonsumsi ketika menjalani puasa. Sangat penting juga untuk mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu menghindari gangguan pencernaan.

4. Asupan mineral

Meski sedang menjalankan puasa di bulan Ramadan, bukan berarti Anda boleh mengabaikan asupan mineral 8 gelas air putih yang wajib Anda minum setiap harinya.

Anda bisa mengatur pembagian waktu konsumsi asupan mineral ini dari buka puasa hingga makan sahur lagi. Karena dengan tercukupinya asupan cairan maka tubuh Anda akan terhindar dari dehidrasi.

BACA JUGA:

  1. 5 Buah yang Sehat Dikonsumsi Saat Sahur dan Berbuka
  2. Ini Dia 6 Makanan yang Bisa Bikin Anda Kuat Berpuasa
  3. 7 Mitos yang Bisa Membatalkan Puasa
  4. Manfaat Tidur Siang Saat Puasa untuk Kesehatan
  5. Manfaat Mengonsumsi Kurma untuk Kesehatan
#Penurunan Berat Badan #Bulan Ramadan #Tips Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan