Agar Tidur Anda Lebih Nyenyak Ilustrasi (Foto: Drmichellerobin.com)

Tidur merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh setiap manusia. Namun, tidak sedikit orang mengalami kesulitan tidur saat malam hari.

Hal itu tentu akan membuat kondisi tubuh Anda menjadi buruk. Anda akan cepat merasa lelah saat beraktivitas keesokan harinya dan emosi tidak dapat terkontrol dengan baik. Konsentrasi Anda pun akan terganggu, terlebih jika pekerjaan Anda menuntut daya fokus yang tinggi. Akibatnya, Anda mungkin akan minum kopi ataupun minuman energi lebih dari biasanya, yang dapat mengganggu kinerja organ dalam tubuh Anda lebih lagi.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut untuk membuat tidur Anda nyenyak.

1. Matikan semua lampu dan peralatan elektronik

Buat sebagian orang, mungkin lebih nyaman dan tenang untuk tidur dalam keadaan lampu padam. Ruangan yang gelap akan membuat otak Anda berpikir bahwa sudah waktunya untuk tidur, sehingga rasa kantuk pun akan segera timbul.

Jauhkan diri Anda dari peralatan elektronik saat mau tidur, salah satunya ponsel. Selain membuat mata Anda terjaga terus, radiasi dari ponsel akan membuat Anda sakit kepala. Mungkin Anda tidak merasakannya saat itu juga, tetapi saat Anda bangun nanti. Sama halnya pula dengan peralatan elektronik lainnya, seperti televisi dan komputer.

2. Membatasi waktu tidur siang

Salah satu penyebab sulit tidur cepat ialah karena terlalu lama tidur siang. Karena itu, meskipun hari libur, Anda juga perlu membatasi waktu tidur siang Anda, terlebih jika esok harinya Anda harus kembali bekerja. Tidur siang maksimal adalah 90 menit.

3. Hindari mengonsumsi makanan berat menjelang tidur

Mengonsumsi makanan berat jelang tidur akan membuat sistem pencernaan terganggu yang mengakibatkan Anda kesulitan untuk tidur lebih cepat dan nyenyak. Sebaiknya Anda menunggu 2-3 jam setelah makan berat, baru kemudian tidur. Karena itu makan malamlah kurang lebih jam 7 agar Anda dapat tidur pukul 9 atau 10 malam.

Namun, jika Anda memang merasakan lapar di malam hari, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi makanan ringan seperti biskuit, sereal, susu, dan buah-buahan. Mengonsumsi makanan kecil akan membuat Anda lebih santai, hanya saja perlu diingat untuk membatasi jumlahnya.

4. Hindari minum kopi dan merokok sebelum tidur

Kopi mengandung kafein tinggi yang dapat membuat Anda sulit mengantuk. Saat Anda minum kopi sebelum tidur, Anda akan terbangun beberapa kali di malam hari. Hal ini tentunya akan membuat kualitas tidur Anda menurun dan mengurangi waktu tidur dan istirahat Anda. Bagitupun dengan efek nikotin pada rokok, yang akan membuat Anda sulit beristirahat dan tidur dengan nyenyak.

5. Buat jam tidur yang tetap

Tidur di jam yang sama, secara rutin, setiap hari, bermanfaat untuk membantu otak dan tubuh Anda dalam menciptakan 'body alarm' secara otomatis. Jangan lupa untuk juga melakukannya saat hari libur, karena jam tidur yang tetap secara teratur akan memudahkan Anda untuk tidur dengan nyenyak.

Anda juga wajib menciptakan suasana kamar yang tenang serta tempat tidur yang nyaman agar tidur Anda bisa lebih nyenyak dan berkualitas. Sehingga, tubuh dan pikiran Anda akan terasa lebih segar saat Anda terbangun di pagi hari dan Anda siap untuk memulai aktivitas dengan penuh semangat.

Lihat tips kesehatan serta kecantikan lainnya yang juga bermanfaat untuk Anda di sini: Manfaat Rutin Minum Madu di Pagi Hari untuk Kesehatan.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE