Tiongkok Luncurkan Kapal Induk Pertama Produksi Dalam Negeri

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 26 April 2017
Tiongkok Luncurkan Kapal Induk Pertama Produksi Dalam Negeri
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/REUTERS/Damir Sagolj)

Tiongkok meluncurkan kapal induk pertama buatan dalam negeri, Rabu (26/4). Kapal induk itu akan bergabung dengan Liaoning, kapal induk bekas buatan Rusia.

Peluncuran tersebut dilakukan di tengah peningkatan ketegangan di Korea Utara dan kekhawatiran tentang ketegasan Beijing di Laut China Selatan.

Media pemerintah mengutip pakar militer bahwa kapal induk yang dirancang bangun di pelabuhan Dalian di wilayah timur laut itu diperkirakan tidak akan bertugas penuh hingga 2020. Hal itu karena membutuhkan waktu untuk sepenuhnya dilengkapi dan dipersenjatai.

Peluncuran tersebut menarik perhatian karena pengamat militer asing dan media Tiongkok selama berbulan-bulan menerbitkan citra satelit, foto, dan berita tentang perkembangan kapal induk kedua negara tersebut. Tiongkok memastikan keberadaan kapal induk kedua tersebut pada akhir 2015.

Kantor berita Xinhua menyampaikan, lambung kapal induk tersebut sudah dibangun sepenuhnya, kemudian mekanisme pendorong, tenaga dan pranata utama lainnya telah dipasang.

Peluncuran kapal induk tersebut menunjukkan desain dan konstruksi kapal induk dalam negeri telah mencapai hasil memuaskan selangkah demi selangkah, seperti yang ditulis Xinhua.

Televisi negara menayangkan kapal induk yang dek peluncurannya dipasangi bendera merah, didorong oleh kapal tunda ke tempat berlabuh.

Sumber: ANTARA

#Tiongkok #Kapal Laut
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan