Tiga Manfaat Buah Ini Sangat Baik untuk Kesehatan

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Jumat, 31 Maret 2017
Tiga Manfaat Buah Ini Sangat Baik untuk Kesehatan
Ilustrasi Buah (Foto: Shunvmall)

Buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Untuk itu, mengonsumsi buah setiap hari sangatlah disaranakan karena nutrisi yang terkandung di dalam buah-buahan sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Setiap jenis buah memiliki manfaatnya masing-masing yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, bicara soal buah-buahan ini, dari berbagai sumber, merahputih.com menyuguhkan 3 buah yang memiliki manfaat bagi kesehatan dan baik jika Anda konsumsi secara rutin.

1. Buah Naga

gettyimages

Buah naga merupakan jenis buah yang memiliki bentuk unik dan rasanya yang manis hambar. Buah naga ini memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, selain itu buah naga juga mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan.

Di dalam buah naga merah terkandung banyak nutrisi penting yang sangat berkhasiat untuk mengatasi masalah kecantikan seperti vitamin C, protein, kalsium, kalium, serat, mineral, zat besi, dan fosfor.

Beberapa manfaat buah naga merah yang baik untuk kulit adalah menghaluskan dan melembabkan kulit, karena di dalam buah naga mengandung nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kulit seperti vitamin C, E dan vitamin B3. Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin E yang dimiliki oleh buah naga merah sangat ampuh untuk mencegah proses penuaan dini.

Tidak hanya itu, buah naga juga berfungsi untuk mencegah dan menghilangkan jerawat karena kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah naga sangat berkhasiat dalam mencegah dan menghilangkan jerawat.

2. Buah Delima

Gettyimages

Selain memiliki warna yang cantik merah merona, buah delima juga kaya akan kandungan antioksidan serta fitokimia yang baik untuk tubuh. Tak heran jika buah delima memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu manfaatnya adalah mencegah penyakit kanker, karena kandungan antioksidan dan polifenol dalam delima dapat membantu mencegah sel-sel kanker menyebar ke dalam tubuh. Delima juga mampu menjaga kesehatan kulit dan membantu untuk menjaga kulit muda Anda, karena adanya kandungan antioksidan di dalamnya yang membuat kulit tidak cepat keriput.

Selain itu, buah delima juga mampu mengontrol tekanan darah. Rajin mengonsumsi buah delima dapat membantu mengurangi lesi dan peradangan pembuluh darah pada pasien penderita penyakit jantung.

3. Buah Tomat

Gettyimages

Tomat merupakan jenis buah-buahan yang biasa dimasak bersamaan dengan sayuran. Karena rasanya yang asam, tomat begitu sering dijadikan bahan tambahan untuk kelezatan beberapa jenis masakan. Selain itu, tomat ternyata memiliki banyak manfaat lain yang baik untuk kesehatan tubuh.

Buah tomat mengandung berbagai antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen. Untuk itu, sering-seringlah mengonsumsi tomat agar membantu mencegah pembentukan radikal bebas yang menyebabkan kanker, termasuk jenis kanker yang paling umum, yaitu kanker prostat dan kanker kolorektal atau kanker usus.

Selain itu, mengonsumsi tomat juga dapat mengurangi asupan natrium yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi. Meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa penderita diabetes tipe 1 dengan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang rendah, dan pada diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan manfaat untuk kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin. Secangkir tomat menyediakan sekitar 2 gram serat yang baik untuk tubuh.

Banyak mengonsumsi tomat juga bisa menghindari sembelit. Sembelit merupakan kondisi yang cukup menyiksa, dan jika sering terjadi bisa meningkatkan risiko kanker usus. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan air dan serat seperti tomat bisa membantu untuk melancarkan BAB. Serat sangat penting untuk meminimalkan kejadian sembelit dan mengeluarkan seluruh feses tanpa tersisa dalam tubuh.

Ternyata banyak sekali ya manfaat buah bagi kesehatan kita? Mulai saat ini rutinlah mengonsumsi buah-buahan dan kurangi makanan yang tidak sehat. Lihat juga tips menarik lainnya yang mungkin bisa bermanfaat untuk Anda di sini: Konsumsi Makanan Sehat Ini Saat Anda Jalani Diet.

#Manfaat Buah #Buah #Gaya Hidup Sehat
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan