Tidur Siang Penting untuk Otak Anda

Selvi PurwantiSelvi Purwanti - Sabtu, 29 April 2017
Tidur Siang Penting untuk Otak Anda
Tidur siang membuat Anda lebih produktif. (Foto: Pixabay.com)

Tidur siang di akhir pekan? Kenapa tidak? Kebiasaan ini sebenarnya sudah sejak dulu dilakukan turun-temurun oleh para priayi. Namun kini budaya tersebut tidak lagi dilakukan. Aktivitas padat serta banyaknya 'pengalih' perhatian, seperti hiburan dan teknologi, membuat orang melewatkan tidur siangnya.

Padahal, tidur siang itu memiliki banyak manfaat yang positif untuk kesehatan. Saking pentingnya, perusahaan-perusahaan di Jepang pun mengizinkan para karyawannya untuk tidur siang. Selain karena kurangnya waktu tidur rata-rata para pekerja Jepang, tentu juga untuk meningkatkan kinerja mereka setelah cukup beristirahat.

Masih ada lagi manfaat sehat lainnya yang didapat dari tidur siang, seperti yang dilansir dari Lifehack.

1. Lebih produktif

Tubuh manusia membutuhkan dua kali waktu tidur setiap harinya. Saat kebutuhan waktu tidur Anda tercukupi, maka produktivitas tubuh Anda akan terus meningkat setiap harinya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ketika bangun tidur, detak jantung akan melambat 5 persen dan kemampuan fokus Anda akan meningkat sepertiganya.

Selain itu, jika waktu tidur Anda tercukupi, maka konsentrasi dan fokus Anda saat menjalani aktivitas akan semakin meningkat meskipun hanya memiliki waktu sedikit untuk beristirahat.

2. Meningkatkan daya ingat otak

Salah satu manfaat tidur siang yang sangat penting, yakni meningkatkan daya ingat pada otak Anda. Hal ini sangat baik, khususnya bagi orang tua atau lansia. Karena, usia dapat membuat memori di masa lampau dan daya ingat menurun.Begitu juga bagi anak-anak, tidur siang dapat meningkatkan kerja otak dalam mengingat sesuatu. Anak-anak, yang memang sedang dalam masa pertumbuhan, belajar mengingat serta menghafal banyak hal di sekitarnya.

3. Mengurangi risiko stres

Banyaknya aktivitas yang dikerjakan akan membuat otak Anda menjadi lebih tegang karena terlalu banyak berpikir secara terus-menerus. Hal ini bisa menjadi beban bagi otak serta membuat Anda merasakan stres yang berlebihan.

Karena itu, seberapa padat dan banyaknya aktivitas yang Anda lakukan seharian, sebaiknya sempatkanlah diri Anda untuk tidur siang meskipun hanya beberapa menit. Tidur siang dapat mengoptimalkan seluruh organ tubuh Anda agar mampu menjalani seluruh aktivitas dengan lancar.

Saat tubuh Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup, tentu akan mengurangi risiko stres ketika Anda menjalani aktivitas yang padat setiap harinya. Tidur siang merupakan salah satu alternatif yang dapat Anda lakukan untuk bisa mengembalikan semangat serta konsentrasi Anda saat beraktivitas.

4. Mengurangi risiko kegemukan

Nutrisi dan vitamin bisa diproses tubuh lebih efektif saat Anda sedang tidur. Ketika Anda bisa mendapatkan waktu tidur yang cukup, maka berat badan Anda juga bisa terjaga karena tubuh mendapatkan waktu untuk beristirahat dan proses metabolisme bisa berjalan baik.

Namun, bukan karena tidur bisa mengurangi resiko kegemukan lantas Anda lalai untuk menjaga setiap asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh Anda. Anda juga tetap harus memperhatikan setiap makanan yang Anda konsumsi. Jangan mengonsumsi makanan berat saat Anda hendak tidur siang. Hal tersebut justru akan menambah berat badan Anda.

5. Meningkatkan fungsi indera dan kreativitas

Menurut peneliti tidur (napologist), Sara C. Mednick, tidur siang dapat meningkatkan persepsi sensorik yang sama efektifnya seperti tidur malam. Manfaat tidur siang juga meningkatkan kreativitas dengan memberikan berbagai ide baru dan membuka wawasan yang ada di otak Anda.

Nah, setelah tahu manfaatnya, Anda tidak perlu ragu lagi untuk tidur siang, kan? Lihat juga tips dan informasi kesehatan serta kecantikan lainnya di sini: 4 Jus Buah Untuk Memulai Hari Anda.

#Tidur #Kualitas Tidur #Tips #Tips Kesehatan #Kesehatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Selvi Purwanti

Simple, funny and passionate. Almost unreal
Bagikan