Tidak Ada Rute Aman untuk Evakuasi Pendaki Gunung Kinabalu

Fadhli Fadhli - Jumat, 05 Juni 2015
Tidak Ada Rute Aman untuk Evakuasi Pendaki Gunung Kinabalu
Foto: BBC

MerahPutih Asia - Menteri Pariwisata Malaysia mengatakan bahwa tim penyelamat masih berusaha untuk mencapai posisi 137 pendaki yang terjebak di puncak gunung Kinabalu, Sabah, setelah sebelumnya memperkirakan ada 160 orang terjebak. Diketahui tidak ada rute aman menuju lokasi pendaki yang terjebak.

"Selain upaya penyelamatan sedang berlangsung, prioritas kami adalah untuk mengirim makanan, minuman dan pakaian hangat untuk mereka yang masih terdampar di gunung," ucap menteri pariwisata Malaysia, Masidi Manjun seperti dikutip dari BBC.

Seorang pengguna Facebook dengan nama Charlene DMP yang juga terdampar di puncak pendakian mengatakan kondisinya, “Saat ini kami sedang menunggu helikopter untuk menyelamatkan kami. Kami tidak bisa turun untuk saat ini karena ada banyak batu jatuh, tidak ada rute aman ke bawah, dan masih ada tremor. Terima kasih untuk semua perhatian dan doa-doa."

The New Straits Times mengutip Taman Sabah mengungkapkan bahwa mereka percaya beberapa pendaki yang terjebak itu sedang dalam kondisi terluka.

"Diperkirakan ada 105-109 orang termasuk pendaki, pemandu, dan petugas Taman Sabah terjebak, namun bukan di daerah yang berbahaya, jadi kami menyarankan mereka untuk tidak bergerak karena takut tertimpa batu," kata direktur taman, Jamili Nais.

"Kelompok lain dengan 40 orang yang melalui daerah ferrata juga terjebak, di mana empat orang mengalami luka dengan anggota badan rusak (lengan dan kaki) dan cedera kepala," lanjut Nais. Tidak ada laporan kerusakan besar atau korban luka tambahan dari gempa bumi di bagian lain dari Sabah.

 

Baca juga:

Gempa Dahsyat Guncang Sabah

Beberapa Pendaki Terperangkap di Gunung Kinabalu

Informasi Tak Jelas, Keluarga Korban Kapal Pesiar Tiongkok 'Ngamuk'

Ini Dia Pejuang ISIS Tertua dari Tiongkok

Pria Tiongkok Beli Mobil Mewah dengan 4 Ton Koin

#Gunung Kinabalu
Bagikan
Ditulis Oleh

Fadhli

Berkibarlah bendera negerku, tunjukanlah pada dunia.
Bagikan