Ternyata 8 Kue Indonesia Ini Berasal dari Belanda

Zahrina IdzniZahrina Idzni - Rabu, 22 Februari 2017
Ternyata 8 Kue Indonesia Ini Berasal dari Belanda
Instagram @foodstationplazakalibata

Siapa di antara Kalian yang tidak suka dengan kue? Di Indonesia, kue atau biasa disebut makanan ringan memang menjadi salah satu makanan favorit semua orang.

Bicara soal kue atau makanan ringan, negara yang memiliki lambang Burung Garuda dan segudang keindahan alamnya yang mempesona, juga memiliki beragam kue atau makanan tradisional yang sangat lezat dan nikmat.

Membuat olahan kue biasanya dimasak dengan berbagai cara seperti dikukus, dipanggang ataupun digoreng. Akan tetapi di Indonesia kebanyakan kue yang dibuat dalam bentuk basah atau kering.

Nah, mungkin banyak Sahabat Merahputih yang belum tau, kalau ternyata kue yang biasa Kalian makan ini berasal dari Belanda yang dibawa ke Indonesia pada zaman penjajahan dulu. Apa saja, ya? Baca yuk!

1. Klappertaart

Instagram @kueoma

Instagram @kueoma

Di Indonesia, Klappertaart dikenal sebagai salah satu kue khas Menado. Namun siapa sangka, kue yang berbahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, telur dan mentega ini merupakan resep adonan peninggalan dari zaman pendudukan Belanda di Menado.

Biasanya, pada masa penjajahan belanda dulu, kue Klappertaart dijadikan sebagai hidangan penutup. Namun, kalau sekarang kue ini menjadi cemilan masyarakat Indonesia. Dan kini sudah banyak ditemukan di berbagai daerah seperti Jakarta, Bogor dan sekitarnya.

2. Ontbijtkoek

Instagram @chantal130387

Instagram @chantal130387

Terlihat dari namanya saja mungkin orang-orang sudah tahu kalau kue yang ada di Indonesia ini juga menjadi salah satu makanan peninggalan dari Belanda.

Ontbijtkoek atau biasa disebut sebagai roti rempah ini memiliki bahan-bahan seperti pewarna coklat muda dengan tambahan bumbu dengan cengkeh, kayu manis, jahe dan biji pala.

3. Spiku

Instagram @liangoenawan

Instagram @liangoenawan

Ternyata, kue lapis legit yang terkenal dari Surabaya ini sebenarnya adalah salah satu makanan peninggalan dari zaman Belanda. Kue tersebut sebenarnya bernama Spiku yang berasal dari kata Spekkoek, yang dalam bahasa Belanda berarti kue lapis legit.

Awal kue ini hanya dikonsumsi oleh bangsa Belanda, namun setelah merdeka sampai sekarang kue ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, khususnya Surabaya. Sekilas tampilan kue ini memang mirip dengan kue lapis, namun ternyata rasanya sangat berbeda, karena kue lapis legit yang ada saat ini adalah perpaduan dari kue spiku asli.

4. Ganjel Rel

Instagram @sucifazrie

Instagram @sucifazrie

Roti Ganjel Rel atau biasa disebut dengan kue gambang merupakan salah satu kue khas Semarang, yang ternyata juga resepnya merupakan peninggalan dari zaman Belanda. Sampai saat ini kue tersebut tidak berubah.

Menurut para ahli, roti ganjel rel menjadi salah satu roti yang sangat baik untuk pencernaan. Kue ini memiliki tekstur yang agak alot dengan bentuk kotak dan berwarna coklat bertaburkan wijen. Roti yang berbahan kayu manis ini pun memiliki cita rasa rempah-rempah yang sangat kental.

5. Kaasstengels

Instagram @telurdadarr

Instagram @telurdadarr

Siapa yang tidak suka dengan kue yang satu ini? Kue yang biasanya hadir ketika acara besar seperti lebaran ini ternyata kue kering yang dibawa oleh penjajah Belanda ke Indonesia. Kue ini juga merupakan salah satu makanan ringan yang cukup populer.

Di Indonesia, kue ini biasa disebut dengan Stick Keju, karena memiliki adonan yang terbuat dari tepung terigu, telur, margarin, serta parutan keju.

6. Roti Buaya

Instagram @merryza_m

Instagram @merryza_m

Roti yang dikenal sebagai hidangan khas Betawi ini ternyata menjadi salah satu makanan yang mendapatkan pengaruh dari Belanda. Roti yang dibentuk sesuai dengan namanya, yaitu buaya ini memiliki rasa yang manis. Bahan-bahan dalam pembuatan roti yang biasanya wajib hadir dalam upacara pernikahan ini adalah tepung terigu, telur, mentega dan ragi.

7. Dadar Gulung

Instagram @foodie_truck

Instagram @foodie_truck

Kue dadar gulung juga menjadi salah satu kue khas Indonesia yang ternyata mendapat pengaruh dari negeri kincir angin. Kue yang berbahan dari adonan tepung dengan isian parutan kelapa dan gula jawa cair ini biasanya banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional. Kue dadar gulung ini memiliki rasa sangat manis.

8. Kue cubit

Instagram @foodstationplazakalibata

Instagram @foodstationplazakalibata

Dan ini dia yang terakhir, kue yang sampai saat ini masih jadi favorit masyarakat Indonesia, karena rasanya yang enak dan manis. Namun siapa sangka, kue yang mirip dengan kue pukis ini merupakan salah satu makanan dari Belanda.

Di Belanda, kue cubit biasanya disebut dengan Poffertjes atau Panekuk Mini. Sama halnya dengan di Indonesia, kue ini juga jadi jajanan yang populer dan banyak ditemukan di pinggir jalan.

Itulah beberapa kue dari Indonesia yang ternyata memiliki pengaruh dari negeri Belanda. Oiya, ngomong-ngomong soal makanan, Sahabat Merahputih udah tahu belum kalau permainan Lego yang banyak diminati orang ini dijadikan sebagai bentuk makanan yang super unik. Yuk baca artikel berikut: Yuk, Cobain Burger 'Lego' di Brick Burger

#Kue Cubit #Kue Indonesia #Kuliner Nusantara #Makanan Nusantara #Makanan Ringan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zahrina Idzni

Gaul, supel dan berkibarlah bendera negeri, Merah Putih Jaya
Bagikan