Terbang Nyaman Saat Hamil Ilustrasi: ibu hamil dalam penerbangan (Foto: TOM AIR)

Kehamilan pertama mungkin akan membuat Sahabat Merahputih amat selektif memilih aktivitas yang akan dilakukan. Jika bepergian dengan pesawat masuk dalam daftar aktivitas yang wajib dihindari selama hamil, ada baiknya Sahabat Merahputih mempertimbangkannya kembali.

Selama ibu dan janin sehat, ibu hamil dapat tetap terbang dengan nyaman. Meski begitu, ada beberapa hal penting yang sebaiknya diperhatikan.

1. Konsultasi dengan dokter kandungan

Sebelum bepergian menggunakan pesawat, cek terlebih dahulu kesehatan janin dan ibu kepada dokter kandungan. Apabila kondisi kesehatan ibu dan janin dinyatakan sehat, itu adalah lampu hijau untuk terbang.

2. Pilih jam terbang yang tepat

Jam terbang yang tepat ialah ketika jadwal penerbangan tidak mengganggu waktu istirahat dan makan. Jangan lupa, perhitungkan pula kemungkinan pesawat mengalami penundaan atau keterlambatan jam keberangkatan.

3. Bawa makanan ringan atau buah

Siapkan makanan ringan atau biskuit untuk jaga-jaga apabila terjadi keterlambatan keberangkatan. Selain itu, bawa juga buah segar untuk mengatasi gangguan mual atau muntah. Taruh makanan dan buah tersebut di dalam tas yang Sahabat Merahputih bawa ke kabin.

4. Minum air lebih sering

Dehidrasi merupakan gangguan yang biasa terjadi pada ibu hamil. Siasati gangguan ini dengan cara mengonsumsi air bening selama menanti pesawat dan ketika pesawat sudah mulai terbang.

5. Cerdas memilih area tempat duduk

Pilih tempat duduk di area tengah pesawat. Pada posisi ini, guncangannya tidak sekencang di bagian lain. Dengan begitu, risiko mual dapat dikurangi. Bila tidak fobia ketinggian, duduk di dekat jendela bisa menjadi pilihan agar ibu hamil dapat merasa relaks dengan cara memandangi pemandangan di luar jendela. Namun, bila Sahabat Merahputih sering bolak-balik ke toilet, duduk di bangku sebelah gang akan lebih baik karena tidak terhalang penumpang lain.

6. Olahraga ringan

Saat melakukan perjalanan jauh, dr. Rimonra F Gunanegara, SpOG, MPdKed menyarankan ibu hamil melakukan olahraga ringan. Duduk terlalu lama akan membuat tumit sakit dan kaki pegal. Lepaskan sepatu, lalu tempatkan tumit di lantai, kemudian angkat tumit sambil membiarkan telapak kaki bagian depan tetap di lantai. Lakukan selama 30 detik.

7. Gunakan sepatu atau sandal yang nyaman

Agar dapat bepergian jauh dengan nyaman, ibu hamil memerlukan sepatu dan sandal yang nyaman digunakan. Pemakaian sepatu dan sandal yang nyaman ini juga akan membantu Sahabat Merahputih melakukan olahraga ringan saat di pesawat. Misalnya saja, ketika berjalan sepanjang kabin.

8. Hindari makanan dan minuman bergas

Sebelum penerbangan dilakukan, ibu hamil dapat mulai menghindari konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gas. Hal ini penting dilakukan mengingat makanan dan minuman bergas dapat memicu mual.

(Kontributor: Rina)

Anda dapat juga membaca artikel lainnya tentang kehamilan di 4 Jenis Makanan Ini Wajib Hadir pada Menu Sarapan Ibu Hamil.


Tags Artikel Ini

Asty TC

YOU MAY ALSO LIKE