Tak Ingin Kembali Banjir, Djarot Sambangi Warga Pejaten Timur Djarot Saiful Hidayat. (MP/John Abimanyu)

Calon wakil gubenur DKI Jakarta petahana Djarot Saiful Hidayat mengunjungi dan makan siang bersama warga Ciliwung, Jalan Kemuning 1, Blok C No 11 RT 11/06, Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Senin (20/3).

Djarot mengaku sudah dua kali meninjau daerah Pejaten Timur yang sering mengalami banjir. Akhirnya, ia memutuskan untuk melakukan pembenahan di daerah tersebut, yang dahulunya sebagai tempat pembuangan sampah.

"Kemudian sama-sama dengan Pak Haji Royani (tokoh setempat), waktu itu kita perbaiki bersama. Setelah itu, saya kaget ini sudah kaya hutan seperti ini rindang bagus. Saya masih ingat betul sebelah itu lahan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dan saya minta ke PDAM untuk mendukung ruang terbuka hijau ini disediakan tempat pendidikan TK, PAUD, dan posyandu," ujar Djarot.

Djarot menambahkan, Kali Ciliwung ternyata belakangan sudah tidak mengalami banjir lagi.

"Waktu itu kita peringati Hari Kali Ciliwung. Tadi Pak Royani menyampaikan, sekarang daerah ini sudah tidak banjir lagi, sudah bagus," tuturnya.

Mantan Wali Kota Blitar ini menghimbau warga Jakarta agar tidak membuang sama rumah tangga ke area kali Ciliwung. Karena lokasi ini harus dilestarikan agar tidak banjir lagi.

"Saya meminta tolong jangan ada lagi sampah rumah tangga atau cairan deterjen masuk ke dalam Kali Ciliwung. Selain itu, warga yang rumahnya di pinggir kali jangan buang ke kali, sebaiknya buang ke tempat sampah yang sudah disediakan atau menyediakan sampah ditaruh di rumah, nanti petugas akan mengambil ke rumah-rumah," ucapnya di hadapan warga. (Abi)

Lihat juga foto-foto dari merahputih.com tentang anak-anak di bantaran Kali Ciliwung: Anak-Anak Pinggiran Kali Ciliwung



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH