Tahun 2017, Target PAD Pariwisata Gunungkidul Rp25 Miliar Panorama pantai di Gunungkidul (MP/Fredy Wansyah)

Target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pariwisata Gunungkidul tahun ini, 2017, mencapai Rp25 miliar. Angka ini naik dari tahun sebelumnya. Sementara target PAD tahun 2016 hanya Rp22,6 miliar.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Gunungkidul, Harry Sukmono, mengatakan bahwa naiknya target PAD 2017 lantaran PAD tahun sebelumnya mampu melebihi target.

"PAD dari retribusi tahun 2016 mencapai Rp24,2 miliar. Ini melebihi target kita. Untuk itu, kita yakin target dinaikkan dapat tercapai," katanya kepada wartawan di Gunungkidul, DI Yogyakarta, baru-baru ini.

Pantai Gunungkidul
Pantai Sanglen, Gunungkidul (MP/Fredy Wansyah)

Selama tahun 2016, jumlah wisatawan di Gunungkidul mencapat hampir 3 juta orang. Objek wisata pantai masih menjadi destinasi tertinggi. Hal ini terlihat dari tingginya jumlah pungutan retribusi di pantai selatan Gunungkidul. Selnajutnya diikuti sejumlah objek wisata goa dan alam lainnya.

Guna mendukung pencapaian target tersebut, promosi sejumlah objek wisata di Gunungkidul akan semakin digenjarkan. Selain itu, perbaikan infrastruktur juga menjadi penopang tercapainya angka pendapatan Ro25 miliar dalam setahun. (Fre)

Geliat pariwisata Kabupaten Gunungkidul dapat disimak selengkapnya dalam artikel ini: Eksotisnya Pantai Sanglen Gunungkidul



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH