Survei SMRC : Debat Pengaruhi Pilihan Warga dalam Pilgub DKI

Eddy FloEddy Flo - Rabu, 12 April 2017
Survei SMRC : Debat Pengaruhi Pilihan Warga dalam Pilgub DKI
Debat putaran kedua kampanye Pilgub DKI 2017 (MP/Dery Ridwansah)

Hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan, bahwa debat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI berpengaruh terhadap pilihan warga DKI untuk menentukan pemimpin Ibu kota lima tahun kedepan, dalam helatan pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017.

Berdasarkan hasil survei yang digelar pada 31 Maret-5 April 2017 tersebut, mayoritas warga (87 %) menilai bahwa debat calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI sangat penting atau cukup penting untuk mengetahui dan menilai program kerja calon.

Direktur SMRC, Deni Irvani memaparkan, bahwa sekitar 45 persen warga menonton debat cagub-cawagub DKI Jakarta di Metro TV dalam program Mata Najwa. Sedangkan sisanya, 55 persen, tidak menonton debat pada 27 Maret lalu.

Dari 45 persen itu, lanjut Deni, sebanyak 63 persen menilai pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat unggul. Sementara pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno meraih 30,3 persen. Sedangkan 6,3 persen mengaku tidak tahu.

"Diantara yang menonton, Ahok dinilai unggul dari Anies. Debat 27 Maret berdampak positif terhadap elektabilitas Ahok-Djarot," terang Deni, saat rilis survei dengan tema "Kecenderungan Pilihan Gubernur Warga DKI" yang digelar oleh SMRC, di Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (12/4).

Hal senada disampaikan, Anggota tim pemenangan Ahok-Djarot, Maruarar Sirait, Menurut pria yang akrab disapa Ara ini, debat kandidat juga menjadi faktor yang krusial dalam hal menaikan elektoral para paslon. Dia meyakini, debat terakhir malam ini akan berimplikasi kepada meroketnya elektabilitas Ahok-Djarot.

"Debat itu bukan pidato, bukan persentasi. Disitu warga bisa melihat sangat pentingnya debat dan ternyata dalam setiap debat itu suara yang meyakini Ahok-Djarot bisa dipercaya, semakin tinggi karena dari situ akan kelihatan juga kualitas dari pasangan calon yang ada," terang Ara.

"Jadi kita yakin. Bisa dikatakan setiap debat, bisa punya poin menambah elektoral positif terhadap Ahok dan Djarot. Kita bisa lihat dari berbagai survei, debat-debat itu selalu positif hasilnya," pungkas Politisi PDI-P ini. (Pon)

#Pilgub DKI 2017 #Debat Pilkada #Hasil Survei
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan