Survei Poltracking: Tidak Ada yang Lebih Unggul dari Ketiga Paslon

Luhung SaptoLuhung Sapto - Rabu, 01 Februari 2017
Survei Poltracking: Tidak Ada yang Lebih Unggul dari Ketiga Paslon
Rilis survei Poltracking di Jakarta, Rabu (1/7). (Foto MP/John Abi)

Lembaga survei Poltracking merilis hasil survei terbaru tren elektabilitas calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Hasilnya, pasangan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno tertinggi dibandingkan dua pasangan calon lainnya.

Berdasarkan survei yang dirilis elektabilitas pasangan Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Syaiful Hidayat adalah 30,13 persen sementara elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni adalah 25,75 persen. Elektabilitas Anies-Sandi adalah 31,50 persen. Sedangkan yang belum menentukan pilihan sekitar 12,62 persen.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan 24-29 Januari 2017 menempatkan pasangan calon Anies-Sandi memiliki elektabilitas tertinggi. Meski demikian, Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yudha mengatakan, belum ada pasangan calon (paslon) yang bisa disebut unggul dalam survei ini.

"Pasangan nomor tiga dan dua ini rentan margin of error, tidak bisa disimpulkan siapa yang lebih unggul," ujar Hanta di kawasan Menteng, Rabu (1/2).

Poltracking menanyakan kepada responden siapakah yang disukai di antara calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta. Hasilnya, sebanyak 82 persen responden menyukai Anies Baswedan di antara keenam kandidat, Sandiaga Uno (79,38 persen), Agus Harimurti Yudhoyono (77,38 persen), Sylviana Murni (69,63 persen), Djarot Syaiful Hidayat (65,38 persen), dan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok (62,88 persen).

Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam responden ini adalah 800 responden. Tingkat margin of error lebih kurang 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Berbagai survei tren elektabilitas dilakukan jelang pemilukada 2017. Simak hasil survei sebelumnya di sini Survei Charta Politika Indonesia, Elektabilitas AHY Paling Tinggi. (Abi)

#Poltracking Indonesia #Pilkada DKI Jakarta 2017 #Anies Baswedan-Sandiaga Uno
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan