Sumarsono: Pedofilia Kejahatan Luar Biasa Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Kasus pelecehan seksual terhadap anak kembali terjadi. Polda Metro Jaya berhasil membongkar kasus pedofilia internasional melalui grup Facebook bernama Official Loli Candy's Group yang berisikan 7.000 akun Facebook.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (Soni) mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi kinerja Polda Metro Jaya yang berhasil membongkar jaringan pedofilia tersebut.

"Kejahatan pedofil merupakan tindakan yang sangat kejam. Pemprov DKI mendukung penuh langkah kepolisian. Bila perlu tangkap semua hingga ke akar-akarnya. Menurut saya, ini kejahatan yang luar biasa yang membunuh masa depan anak dan secara traumatik kesehatan anak menjadi terganggu," kata Sumarsono saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Senin (20/3).

Sumarsono menjelaskan, untuk mengantisipasi agar tidak terulang, maka Pemprov DKI sudah menyiapkan program-program pendidikan yang diperuntukan bagi anak-anak. Ia mencontohkan program tersebut seperti pemberdayaan anak dan perempuan, pendidikan moral, pengasuhan anak, dan itu perlu dijalankan semua.

"Jadi saya kira ini perlu dilakukan secara rutin. Ada proses pendidikan masyarakat yang mengarah kepada pendidikan anak. Agar pedofil dapat dicegah dan tidak terulang kembali," jelasnya.

Sejauh ini, Sumarsono mengaku, Pemprov DKI juga tidak tinggal diam untuk memulihkan kesehatan para korban. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk melakukan pendampingan bagi para korban.

"Kami sudah berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk melakukan pendampingan bagi para korban. Selain itu, kami juga memfasilitasi mereka dengan BPJS bila mereka terkena dampak kekerasan fisik. Ini merupakan peran serta Pemprov DKI," pungkasnya. (Abi)

Baca juga berita terkait Ibu Kota Jakarta di: Pemprov DKI Jakarta Akan Audit Lift Blok M Square Sebelum Beri Sanksi



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE