Sulsel Alokasikan Rp37 Miliar Wujudkan Kedaulatan Energi

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 18 Februari 2017
Sulsel Alokasikan Rp37 Miliar Wujudkan Kedaulatan Energi
Ilustrasi. (Antara Foto/Fahrul Jayadiputra)

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengalokasikan anggaran belanja langsung sebesar Rp37 miliar untuk Program Kedaulatan Energi.

"Program ini terdiri atas delapan kegiatan yang sebagian besar menitikberatkan pada upaya pembangunan dan pengembangan energi baru dan terbarukan di wilayah terpencil," kata Kadis ESDM Sulsel Gunawan Palaguna di Makassar, Sabtu (18/2).

Kegiatan itu di antaranya akan membangun instalasi pembangkit listrik skala kecil untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) sebanyak 11 unit di daerah-daerah terpencil yang sulit dijangkau PLN.

"Instalasi pembangkit listrik skala kecil ini dibangun di Kabupaten Luwu, Tana Toraja, Pinrang, Luwu Utara, Pangkep, Selayar, dan Sinjai," jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas ESDM Syamsul Bachri mengatakan hingga tahun 2016 dari target 93 persen rasio desa yang dialiri listrik, telah direalisasikan sebesar 92,5 persen.

"Masih ada 259 desa di Sulsel yang belum memperoleh jaringan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN)," katanya.

Ia mengemukakan, kendati belum memperoleh listrik PLN, tapi ini tidak berarti mereka sama sekali belum tersentuh listrik, sebagian besar desa tersebut telah memperoleh listrik secara mandiri baik swadaya maupun dengan bantuan lembaga lain, namun baru sekitar 30 persen kebutuhan listrik di desa-desa tersebut terpenuhi.

Desa-desa yang belum terjangkau listrik, kata dia biasanya karena terkendala oleh lokasi yang terpencil seperti desa-desa di pegunungan wilayah Luwu Raya, atau daerah-daerah kepulauan.

Pihaknya optimistis penyediaan energi listrik untuk mendukung kedaulatan energi di Sulsel akan semakin baik pada tahun-tahun mendatang, karena adanya dukungan Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Ada DAK untuk mendukung kelistrikan Sulsel khususnya dari sumber energi baru dan terbarukan yang target akhir kita di Sulsel direncanakan tahun 2018 rasio elektrifikasi kita mencapai 97 persen," pungkasnya.

Sumber: ANTARA

#Makassar #Sulawesi Selatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan