Suku Lingon, Suku Bermata Biru di Pedalaman Hutan Halmahera

Muchammad YaniMuchammad Yani - Senin, 22 Mei 2017
Suku Lingon, Suku Bermata Biru di Pedalaman Hutan Halmahera
Ilustrasi (Foto: Pixabay.com)

Bermata biru, mungkin hal tersebut tidak akan terjadi untuk orang Indonesia. Namun, di pedalaman hutan Halmahera, terdapat satu suku bernama suku Lingon yang memiliki ciri fisik ras Kaukasoid yakni bermata biru, berambut pirang dan berkulit putih.

Banyak versi tentang asal usul suku Lingon. Versi pertama suku Lingon adalah sisa-sisa bangsa Portugis yang melarikan diri kedalam hutan sebelum Indonesia merdeka. Sedangkan versi kedua mereka merupakan orang-orang Eropa yang selamat dari tenggelamnya kapal sekitar 300 tahun yang lalu.

Dari sinilah cikal bakal suku Lingon. Karena peralatan yang minim, orang-orang Eropa itu terpaksa membuat pemukiman di Halmahera Timur.

Sumber foto : indocropcircles.wordpress.com

Ciri tubuh yang cantik tersebut membuat suku ini kerap diganggu suku lain. Salah satunya suku Togutil yang tinggal di daerah pesisir pantai. Mereka menculik gadis suku Lingon karena kelebihan fisiknya.

Selain itu, suku-suku lain pun menganggap suku Lingon adalah suku berbahaya karena dianggap memakan daging mentah dan memiliki ilmu sihir. Akibatnya, suku Lingon mulai menjauh dan masuk ke pedalaman hutan.

Banyak yang bilang jika suku Lingon telah punah, namun ada pula yang mengatakan mereka masih hidup, hanya saja mereka mengucilkan diri ke dalam hutan agar tidak diganggu.

Selain artikel ini Anda juga bisa baca Naskah Lontar Kuno, Warisan Budaya Dunia yang Terancam Musnah

#Traveling #Ragam Suku Di Indonesia
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan