'Specialty Coffee' Bukan Sekadar Kopi Hitam Biasa Manual Brewing - Instagram: @origin.co

Pesatnya perkembangan bisnis toko kopi di Indonesia saat ini, beberapa di antaranya mengusung tema 'Specialty Coffee House', yang khusus menyajikan kopi spesial. Apa sebenarnya kopi spesial itu?

'Specialty Coffee' atau Kopi Spesial pertama kali digunakan pada tahun 1974 oleh Erna Knutsen. Istilah ini diberikan untuk menyebut biji kopi dengan rasa terbaik. Kopi spesial tersebut tumbuh di iklim istimewa dan di atas tanah yang memiliki karakteristik serta komposisi yang ideal. Sehingga menghasilkan biji buah kopi terbaik dan memiliki rasa yang khas.

Kehadiran toko kopi yang mengusung tema 'Specialty Coffee House' memberikan kesempatan bagi para penikmat kopi untuk mencicipi keunikan dan kompleksitas yang tersaji dalam secangkir kopi. Toko kopi seperti ini hadir bukan hanya sebagai tempat bersosialisasi para pengunjung saja, namun sekaligus sebagai tempat para penyeduh kopi mengedukasi pengunjungnya bahwa kopi bukan sekedar hitam ataupun pahit saja.

Roda Rasa Kopi SCAA
Roda Rasa Kopi SCAA

'Specialty Coffee House' umumnya akan memberikan informasi yang detail terkait kopi yang dipesan olah pengunjung. Bukan hanya sekadar memberi tahu bahwa kopi itu jenis arabica atau robusta saja, melainkan informasi yang lebih luas seperti rasa kopi yang dihasilkan, asal, varietas, ketinggian tanahnya dan juga pemanggangnya.

Tidak sedikit penikmat kopi yang saat ini sudah semakin menyadari bahwa rasa kopi sangatlah beragam. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi rasa tersebut; bukan hanya asal kopi dan teknik menyeduhnya saja ataupun keterampilan sang penyeduh kopinya yang sering disebut sebagai barista. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan para penikmat kopi umumnya ingin mengeksplorasi kopi lebih dalam lagi.

Nah, bagaimana rasa kopimu hari ini ? Kenali juga Teknik Menyeduh Kopi Aero Press.

Untuk mengikuti artikel lainnya, baca juga: 11 Film Pertama Yang Diproduksi di Indonesia


Tags Artikel Ini

Stella Maris

YOU MAY ALSO LIKE