Sosok Kartini di Mata Dina Rimandra Dina Rimandra Handayani. (MerahPutih/Rizki Fitrianto)

Sosok Kartini begitu menginspirasi banyak wanita. Tak heran banyak yang mengagumi pejuang emansipasi itu hingga saat ini.

Meski hanya bisa menyaksikan lewat layar lebar, film "Kartini" garapan Hanung Bramantyo, mampu menghipnotis banyak penonton, salah satunya wanita muda bernama Dina Rimandra Handayani.

"Sangat inspiratif filmnya dan bagus untuk pemberdayaan perempuan (women empowerment) bagaimana perjuangan Kartini dulu untuk men-support pendidikan," katanya saat ditemui merahputih.com usai nobar film Kartini di XXI Plaza Senayan, Sabtu (8/4).

Perempuan yang sukses di bisnis kuliner dan fashion ini menjelaskan, perjuangan Kartini untuk memperoleh kebebasan dan kesetaraan patut menjadi inspirasi anak muda masa kini, asalkan tidak kebablasan dan harus seimbang.

"Perjuangan Kartini sebetulnya untuk memperjuangakan emansipasi perempuan. saya pikir baik saja karena semua orang memiliki hak sama, kan itu ada juga dalam Undang-Undang kita. Suatu hal yang wajar," kata pemilik Albens Cider dan Ambah Batik ini.

Namun, katanya tetap saja kebebasan dan modernisasi harus bisa dipilih-pilih. Semua budaya dari luar itu bagus tapi harus di-filter.

"Tetapi tetap saja kebebasan dan modernisasi itu bagus. Kita budaya timur, kita harus taati. Semua budaya dari luar itu bagus tapi harus bisa memilih dan memilah. Misalkan pendidikan itu biasa semua orang sudah memiliki kesempatan yang sama," imbuhnya.

Oleh karena itu, ia berharap anak muda saat ini mampu mengemban pendidikan terbaik seperti yang dicita-citakan Kartini dalam perjuangannya.

"Semoga bisa menginspirasi anak muda untuk mengemban pendidikan terbaik juga harus bisa memfilter budaya yang baik," tuntasnya. (Fdi)



Luhung Sapto

YOU MAY ALSO LIKE