Simbol QS 5:51 dan 212 di Komik Marvel Hanyalah Karya Seni twitter @pemudamerah

Munculnya simbol QS 5:51 dan 212 di komik Marvel edisi terbaru X-Men Gold #1 memang sempat membuat geger publik. Saking ramainya komikus Indonesia, Ardian Syaf, yang membubuhkan simbol itu di komik tersebut sudah tidak lagi menjadi copywriter Marvel Comics.

Simbol QS 5:51 dan 212 memang sangat erat kaitannya dengan polemik politik yang ada di Jakarta. Pasalnya Calon Gubernur Petahana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dianggap telah menistakan ayak suci Alquran Surah Al Maidah ayat 51. Sedangkan 212 adalah hari di mana para umat muslim melakukan aksi besar-besaran di depan Istana Merdeka.

Pihak Marvel sendiri mengaku munculnya simbol QS 5:51 dan 212 tidak diketahui oleh manajemen. Dikutip dari comicbook.com, Marvel mengatakan apa yang dilakukan Ardian tidak merefleksikan Marvel secara keseluruhan. Mereka juga berjanji akan menghapus simbol tersebut dari komik tersebut.

"Karya ini akan dihapus dari cetakan ulang. Kami juga akan melakukan tindakan disipliner," kata Marvel yang dikutip comicbook.com.

Namun, apa yang dilakukan oleh Ardian dipandang berbeda oleh Gerakan Nasional Penjaga Fatwa MUI (GNPF MUI). Menurut kuasa hukum GNPF MUI Kapitra Ampera tidak ada unsur penistaan agama dalam gambar tersebut.

"Itu bukan Al Maidah atau Alquran. Enggak ada masalah. Itu karya seni," katanya kepada merahputih.com, beberapa waktu lalu.

twitter @pemudamerah

Lebih lanjut, Kapitra menjelaskan dua simbol itu hanyalah sebuah karya seni yang patut dibanggakan. Hal tersebut juga sudah dikaji oleh GNPF dan sepakat tidak ada penistaan agama di sana.

"Coba otak kita otak judi, kita akan bawa angka itu jadi nomor kode buntut. Coba kita bawa ke wilayah seni. Angka 212 untuk mengisi space yang kosong, itu lebih menarik saja. Orang menerjemahkan dari berbagai sudut. Itulah karya yang hebat," tandasnya.

Komik Marvel memang menjadi komik yang sangat diminati di banyak negara. Komik yang berasal dari Amerika Serikat itu memunculkan tokoh superhero yang mendunia seperti Iron Man, Spider Man, Hulk, Captain America, Ant Man dan X-Men.

Ardian Syaf adalah komikus Indonesia yang sudah diakui oleh industri komik Internasional. Sebelum kasus ini, ia juga sempat beberapa kali menyusupkan unsur Indonesia di komik yang ia buat. Bahkan di komik Batgirls #1, Ardian sempat memasukan gambar Jokowi dan Ahok di salah satu panelnya. (Fdi)

JIka Anda ingin mengetahui profil singkat Ardian Syaf, Anda bisa baca Ardian Syaf, Komikus Yang Memasukkan Simbol Al Maidah Di Komik Marvel


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH