Sidang e-KTP Kembali Digelar, Ini Delapan Saksi yang Dihadirkan KPK Persidangan korupsi e-KTP di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (9/3). (MP/Ponco Sulaksono)

Sidang kasus dugaan korupsi proyek KTP Elektronik (e-KTP) kembali digelar hari ini, Kamis (16/3) di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). Jaksa Penuntut Umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengahdirkan delapan saksi.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan, Hari ini di persidangan kedua, Penuntut Umum akan menghadirkan saksi-saksi dari unsur Kemendagri, DPR, Kementerian keuangan dan swasta.

"Gamawan Fauzi, Diah Angraeni, Elvius Dailami, Rasyid Saleh, Winata Cahyadi, Chaeruman Harahap, Agus Martowardojo dan Yuswandi Tumenggung," ujar Febri di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (16/3).

Febri juga menegaskan bahwa jaksa penuntut umum dari KPK akan menggali terlebih dahulu aspek penganggaran.

Sebelumnya, dua mantan anak buah Gamawan Fauzi, yakni Irman dan Sugiharto, didakwa melakukan korupsi secara bersama-sama dalam kasus e-KTP. Irman dan Sugiharto didakwa merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun.

Irman merupakan mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sementara, Sugiharto ialah mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Dukcapil Kemendagri.

Atas perbuatannya itu, Irman dan Sugiharto didakwa melanggar Pasal 2 ayat (1) dan atau Pasal 3 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Pada dakwaan kasus e-KTP disebutkan nama-nama besar yang diduga ikut menikmati aliran dana megaproyek senilai Rp 5,9 triliun. Termasuk 37 anggota Komisi II lainnya juga disebut dalam sidang e-KTP pekan lalu. (Pon)

Berita terkait korupsi e-KTP baca juga: Besok KPK Hadirkan Delapan Saksi di Sidang e-KTP, Ada Gamawan Fauzi dan Agus Martowadojo?



Ana Amalia

YOU MAY ALSO LIKE